Breaking!
Loading...

Masalah Tulang Belakang Tak Selalu Berakhir dengan Operasi

loading...

Masalah Tulang Belakang Tak Selalu Berakhir dengan Operasi - Tulang belakang merupakan salah satu bagian vital yang berfungsi menopang tubuh manusia. Bagian tubuh ini juga memiliki banyak saraf, sehingga apabila terjadi masalah, berdampak pada organ tubuh lainnya.

Ada anggapan, operasi menjadi satu-satunya jalan untuk menyembuhkan masalah tulang belakang. Benarkah hal tersebut?
"Tidak selalu. Diperlukan diagnosa yang tepat untuk menentukan apakah diperlukan operasi atau tidak untuk masalah yang terjadi pada tulang belakang," ujar dr Luthfi Gatam, Sp. OT, FICS. Spine Surgeon (K), dalam konferensi pers bertajuk Fakta di Balik Mitos kesehatan Lutut dan Tulang Belakang yang berlangsung di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (25/2/2016).

Dari berbagai jenis masalah tulang belakang, salah satu penyakit yang membutuhkan operasi adalah Hernia Nucleus Pulposus (HNP), sebuah kondisi di mana tulang belakang keluar jalur, dan menekan saraf sehingga menganggu fungsi saraf.
"Bantalan lunak di antara ruas-ruas tulang belakang mengalami tekanan dan pecah sehingga menekan saraf," tambah dokter spesialis bedah ortopedi dan konsultan tulang belakang yang praktek di Jakarta Spine Clinic (JSC) itu, menerangkan.

Untuk masalah tulang punggung ringan, beberapa metode penyembuhan bisa dilakukan. Misalnya, untuk nyeri pada leher yang tidak sampai menyebabkan penjepitan saraf, bisa dilakukan pulse radiofrequency, penyembuhan dengan suntikan.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment