loading...
Assalamualikum kerabat. Pada artikel kali ini akan dilanjutkan pembahasan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula model pembelajaran kooperatif examples non examples. Dalam model ini siswa harus menganalisis gambar dan diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
1. Kelebihan Model Pembelajaran Examples Non Examples
Pendapat yang sama diutarakan oleh Hamdani (2011:94), dan Suprijono (2011:125) memaparkan bahwa kelebihan model pembelajaran examples non examples, yaitu siswa lebih kritis menganalisis gambar, siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Tetapi kekurangannya yaitu tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar dan memakan waktu yang lama.
Ada enam keuntungan dari penggunaan model pembelajaran examples non examples yang dinyatakan oleh Iru (2012:67) yakni sebagai berikut:
a) Siswa berangkat dari satu definisi yang selanjutnya dipergunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih komplek,
b) Murid turut terlibat dalam satu proses discovery atau penemuan yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari examples dan non examples.
c) Murid disuguhkan sesuatu yang bersifat berlawanan dalam rangka mengeksplorasi karakteristik yang terdapat pada sebuah konsep dengan mempertimbangkan bagian dari non examples yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan sebuah karakter pada konsep yang telah dipaparkan pada bagian examples.
d) Siswa lebih kritis dalam menganalisis gambar.
e) Siswa mengetahui aplikasi dari berupa contoh gambar.
f) Siswa diberi kesempatan mengemukakan pendapatnya.
Sedangkan Buehl yang dikutip oleh Yusnah (2012:35) mengemukakan bahwa kelebihan dari model examples non examples mempunyai tiga kelebihan antara lain :
a) Siswa berangkat dari satu depinisi yang selanjutnya digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih komplek.
b) Siswa terlibat dalam satu proses discovery atau penemuan, yang mendorong siswa tersebut untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari examples non examples.
c) Murid disuguhkan sesuatu yang bersifat berlawanan dalam rangka mengeksplorasi karakteristik yang terdapat pada sebuah konsep dengan mempertimbangkan bagian dari non examples yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan sebuah karakter pada konsep yang telah dipaparkan.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif make a match
Pendapat yang berbeda disampaikan oleh Huda (2013:236) pada intinya bahwa kelebihan model pembelajaran kooperatif examples non examples yaitu:
1) Siswa lebih kritis menganalisa gambar.
2) Siswa mengetahui pengaplikasian dari materi berupa contoh gambar.
3) Siswa diberi kesempatan untuk menggemukakan pendapatnya.
2. Kekurangan Model Pembelajaran Examples Non Examples
Selain mempunyai kelebihan model examples non examples juga memiliki kekurangaan. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang diutarakan oleh Iru (2012:67) yaitu sebagai berikut:
a) Tidak semua materi dapat disajikan dalam benuk gambar.
b) Memakan waktu yang lama.
Kekurangan model examples non examples tidak dapat disajikan pada semua materi pembelajaran. Hal yang sama dinyatakan oleh Hamdani (2011:94) memaparkan bahwa kekurangan model pembelajaran examples non examples, yaitu tidak semua materi dapat disajikan. Sedangkan Buehl yang dikutip oleh Yusnah (2012:35) mengemukakan bahwa kekurangan dari model examples non examples antara lain:
1) Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
2) Memakan waktu yang lama.
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon