Breaking!
Loading...

12 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal

loading...

Ginjal termasuk organ penting yang berfungsi menyaring limbah dan racun di dalam tubuh. Lebih dari itu, ginjal berperan mempertahankan cairan elektrolit yang bisa mengingat kadar air, agar seseorang tidak mengalami dehidrasi.
Baca juga: Orang-orang dengan Golongan Darah 0 Wajib Perhatikan Hal ini
Beberapa kebiasaan tanpa disadari bisa merusak organ ginjal. Seperti 12 kebiasaan yang disebut di bawah ini.

1. Menahan kencing
Saat seseorang menahan kencing, ginjal ada dalam posisi tertekan. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, seseorang bisa berisiko mengalami gagal ginjal.

2. Konsumsi garam berlebih
Mengonsumsi terlalu banyak sodium dapat meningkatkan tekanan darah, yang artinya, akan memberi tekanan pada ginjal. Orang dengan tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk memeriksakan kondisi ginjalnya.
Baca juga: Tips Menyehatkan Penglihatan Mata
3. Konsumsi kopi dan soft drink
Minum kopi atau soft drink secara berlebihan dapat merusak ginjal. Kedua minuman tersebut memiliki kadar kafein yang bisa memperberat beban pekerjaan ginjal.

4. Kurang tidur
Tidur membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan ginjal. Kurang tidur, atau memiliki gangguan tidur, bisa berdampak langsung pada kesehatan ginjal.

5. Jarang minum air
Kekurangan air dapat menyimpan beberapa bahan kimia beracun dalam ginjal. Racun yang terakumulasi dalam darah  itu, berisiko merusak ginjal dan beberapa organ lain di tubuh.
Baca juga: Mengatasi Lemak pada Perut dengan Jus Pisang
6. Kurang vitamin B6
Kekurangan vitamin B6 meningkatkan risiko batu ginjal. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti buncis, dan kentang.

7. Kurang Magnesium
Mineral ini penting dalam proses penyerapan dan distribusi kalsium dalam tubuh. Jika kalsium tertumpuk di ginjal, akan menyebabkan batu ginjal.

8. Sering minum obat 
Mengonsumsi obat dalam dosis yang besar, atau dalam jangka waktu yang panjang dikhawatirkan merusak ginjal.

9. Terlalu banyak konsumsi protein
Diet tinggi protein tidak baik untuk kesehatan ginjal. Sebab, kebanyakan produk protein mengandung amonia (racun). Semakin banyak protein yang dikonsumsi, semakin keras ginjal bekerja.

10. Tidak mengobati infeksi dengan tepat
Contohnya sangat sederhana. Seringkali seseorang memilih tetap bekerja di saat dirinya sedang sakit. Hal itu, rupanya bisa akan memperberat kerja ginjal.

11. Terlalu banyak konsumsi alkohol
Racun yang ditemukan dalam alkohol tidak hanya merusak hati, tetapi juga ginjal.

12. Merokok
Merokok berkaitan erat dengan arthrosclerosis, yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini memengaruhi suplai darah ke seluruh organ penting di tubuh, termasuk ginjal. 
Jangan lupa dishare pada kerabat dan keluarga! Semoga bermanfaat.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment