Breaking!
Loading...

Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

loading...

Keberhasilan dalam proses belajar memiliki faktor-faktor yang dapat mendukung keberhasilan belajar itu sendiri. Banyaknya para ahli yang menyatakan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar terdiri dari faktor internal (faktor dari dalam siswa) dan eksternal (faktor dari luar siswa). Mendukung dari pernyataan ini beberapa pendapat mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Pendapat lain, dinyatakan oleh Syah (2006:132) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa, dibedakan menjadi tiga macam:
1. Faktor internal (faktor dari dalam siswa)
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa meliputi dua aspek: a) Aspek fisiologis (yang bersifat jasmaniah) contoh kesehatan, kelebihan dan kekurangan tubuh. b) Aspek Psikologis (yang bersifat rohaniah) contoh intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kelelahan.

2. Faktor eksternal (faktor dari luar siswa)
Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa terdiri dari dua macam: a) Faktor lingkungan sosial contoh seperti orang tua dan keluarga, guru dan staf, teman sekelas, dan masyarakat. b) Faktor lingkungan nonsosial contoh gedung sekolah, sarana prasarana di sekolah, dan letak tempat tinggal.

3. Faktor pendekatan belajar (approach to learning)
Faktor ini merupakan satu jenis upaya belajar siswa meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran.

Hasil belajar memiliki dua faktor yaitu faktor dalam diri siswa  (intern) dan faktor dari luar diri siswa (ekstern). Hal tersebut sesuai dengan pernyataan yang dikemukakan oleh  Anitah (2011:2.7) menyatakan keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua kelompok yaiti faktor dari dalam diri siswa (intern) dan faktor dari luar diri siswa (ekstern).
1. Faktor dari  dalam diri siswa (intern), yang berpengaruh pada hasil beljar diantaranya adalah kecakapan, minat, bakat, usaha, motivasi, perhatian, kelemahan, kesehatan serta kebiasaan siswa.
2. Faktor dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar adalah lingkungan fisik.
Faktor-faktor hasil belajar dapat digolongkan menjadi dua, yaitu faktor dalam diri Individu dan faktor yang ada dalam diri individu. Slameto (2010:54) menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu:

1) Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, yang meliputi:
a. Faktor jasmaniah, yang meliputi faktor kesehatan dan cacat.
b. Faktor psikologis, yang meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan.
c. Faktor kelelahan, yang meliputi kelelahan jasmani dan rohani. Untuk kelelahan jasmani bisa terlihat dari lemah lunglainya tubuh dan kemudian timbul kecendrungan untuk membaringkan tubuh. Sementara kelelahan rohani dapat dilihat dari adanya kelesuan dan kebosanan sehingga minat dan dorongan untuk dapat menghasilkan sesuatu akan hilang.

2) Faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu, yang meliputi:
a. Faktor keluarga, yang meliputi cara orang tua mendidik, relasi, antara anggota keluarga, suasana rumah tangga, keaadan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan.
b. Faktor sekolah, yang meliputi kurikulum, metode mengajar, relasi guru dengan pesrta didik, relasi peserta didik dengan peserta didik, disiplin sekolah, waktu sekolah, alat pelajaran, keadaan gedung sekolah, metode belajar, tugas rumah.
c. Faktor masyarakat, yang meliputi kegiatan pesrta didik dalam masyarakat, mass media, teaman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat.

Sekolah merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar. Wasliman yang dikutip oleh Susanto (2013:13) bahwa sekolah merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan hasil belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan siswa dan kualitas pengajaran di sekolah, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Pendapat lain, Zulfa (2010:68) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar terdiri atas:
1) Faktor internal (faktor dari dalam siswa), meliputi:
a) Faktor jasmaniah, seperti: kesehatan, kelebihan dan kekurangan tubuh.
b) Faktor psikologis, seperti: intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kelelahan.
c) Faktor kelelahan, seperti: kelelahan jasmani/rohani.
2) Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), meliputi:
a) Home Scholling: cara orang tua untuk mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah tangga, keadaan ekonomi orang tua, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan.
b) Schooling: kurikulum, metode, relasi guru-siswa, relasi siswa-siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, gaya belajar, tugas rumah.
c) Community: kegiatan siswa dalam masyarakat, media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat.

Berdasarkan kajian teoritik hasil belajar di atas, dapat disintesiskan bahwa hasil belajar adalah hasil dari proses belajar yang telah ditempuh oleh siswa, sehingga menghasilkan perubahan-perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk penguasaan pengetahuan (kognitif), keterampilan sikap (afektif) maupun keterampilan motorik.

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment