Breaking!
Loading...

Cara meningkatkan Hasil Belajar

loading...
Cara meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar
Cara meningkatkan Hasil Belajar

Cara meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar

Assalamualaikum kerabat. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai Cara meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Di postingan sebelumnya kamu bisa menemukan pembahasan tentang pengertian hasil belajar, prinsip-prinsip, juga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Di sana bisa kamu dapatkan berbagai macam informasi mengenai hasil belajar.
Baca Juga: Pengertian Hasil Belajar
Seperti yang diketahui bahwa banyak hal yang dapat mempengaruhi proses dan hasil dari suatu pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu berperan untuk proses pembelajaran yang sangat berpengaruh kepada hasil belajar dimana proses belajar mengajar merupakan proses yang berlangsung secara berkesinambungan. 

Cara meningkatkan hasil belajar menurut Sudjana (2010:1) dapat melalui:

1) Kemampuan membaca, mengamati, dan menyimak apa yang dijelaskan dan diinformasikan.
2) Kemampuan mengidentifikasi atau membuat sejumlah (sub-sub) pertanyaan berdasarkan subtansi yang dibaca, diamati, atau didengar.
3) Kemampuan mengorganisasi hasil-hasil identifikasi dan mengkaji dari sudut persamaan dan perbedaan
Baca Juga: Jenis-jenis Hasil Belajar
Purwanto (2011:44) turut memaparkan bahwa hasil belajar seringkali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai bahan yang sudah diajarkan.Untuk mengaktualisasikan hasil belajar tersebut diperlukan serangkaian pengukuran menggunakan alat evaluasi yang baik dan memenuhi syarat, pengukuran demikian dimungkinkan karena pengukuran merupakan kegiatan ilmiah yang dapat diterapkan pada berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan.

Sintesis

Berdasarkan kajian teoritik di atas, dapat disintesiskan bahwa hasil belajar adalah suatu kemampuan yang dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar melalui tes hasil penilaian atau evaluasi berupa perubahan tingkah laku, pola fikir siswa mencangkup aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik.
Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Penilaian Hasil Belajar
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment