Breaking!
Loading...

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

loading...
Pengertian Pembelajaran

 

Pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang dirancang untuk merubah suatu individu melalui pengalaman yang diterimanya. Dengan kata lain, pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam rangka perubahan tingkah laku dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan.


Pembelajaran yang dimaksud oleh para ahli bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan Udin S. Winataputra (2008:19). Demikian pula pernyatan senada atau pendapat yang sama juga dinyatakan oleh  Dimyati dan Mudjiono (2009:45) pembelajaran terdiri dari empat langkah, yaitu : 1) Menentukan topik yang dapat dipelajari oleh anak sendiri; 2) Memilih dan mengembangkan aktivitas kelas dengan topik tersebut; 3) Mengetahui adanya kesempatan bagi guru untuk mengemukakan pertanyaan yang menunjang proses pemecahan masalah; 4) Menilai pelaksanaan tiap kegiatan, memperhatikan keberhasilan, dan melakukan revisi.


Menurut konsep komunikasi seorang Guru berperan sebagai komunikator. Siswa sebagai  penerima komunikasi yang berisi pesan berupa ilmu pengetahuan. Dalam komunikasi banyak arah dalam pembelajaran, peran-peran tersebut bisa berubah antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. (Didi Sutardi dan Encep Sudirjo, 2007:3).

Pembelajaran adalah proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan oleh guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau siswa. (Syaiful Sagala, 2008:7).

Pembelajaran berdasarkan makna leksikal artinya  cara, proses, perbuatan mempelajari. Pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran adalah dialog interaktif. Pembelajaran merupakan proses organik konstruktif, bukan mekanis seperti halnya pengajaran (Agus Suprijono, 2011:13).
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment