Breaking!
Loading...

Drone Mengangkut Penumpang = Mobil Terbang Masa Depan?

loading...

Assalamualaikum kerabat. Dunia kembali dikejutkan lewat teknologi canggih paling anyar, yaitu drone yang mampu membawa penumpang. Seperti yang sudah sama-sama kita tahu, pada dasarnya drone merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang digunakan untuk menggambil potret atau gambar tertentu yang lokasinya sulit dijangkau manusia.

Namun ide gila para manusia "gila" merubah perspektif drone menjadi sebuah kendaraan. Sebelum ini, di eropa, drone dijadikan alat pengantar barang. Di Indonesia drone jadi mainan remote control yang mengasyikan.

Seperti dilansir liputan 6.com, pada hari Rabu kemarin, di Consumer Electronics Show, sebuah produsen pesawat tak berawak asal Cina yaitu EHang meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama ‘EHang 184’, ini adalah kendaraan sejenis drone yang menggunakan tenaga listrik.

Ada satu hal yang membedakan kendaraan ini dengan drone biasanya yaitu, kendaraan satu ini mampu membawa satu penumpang. Untuk mengendalikan kendaraan ini, sebagian besar dikendalikan oleh tablet onboard, cara pengendalian ini seperti kokpit yang terdapat pada pesawat.

Penumpang dapat memilih tujuan penerbangan mereka, dan kemudian hanya duduk dengan santai di kabin ber-AC hingga sampai tujuan yang penumpang inginkan. Dilansir fortune.com (08/01/2016) Menurut juru bicara perusahaan, EHang 184 telah sukses melakukan uji penerbangan dengan seorang penumpang di dalamnnya.

Oleh karena, itu mereka tak ragu untuk memamerkan drone ini di CES (Consumer Electronics Show) tahun ini yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Kendaraan udara ini dilengkapi oleh delapan rotor drone, dan memiliki berat 440 pound. Drone ini memiliki pintu untuk penumpangnya yang didesain menyerupai sayap burung camar, dan tak lupa dilengkapi dengan bagasi untuk menyimpan barang.

Baterai EHang 184 sendiri membutuhkan waktu antara dua hingga empat jam untuk mengisi agar tenaganya dapat penuh kembali. Kendaraan ini cukup baik untuk menempuh penerbangan selama 23 menit, serta dapat melaju dengan kecepatan 62 mil per jam.

Hingga kini, EHang belum memberikan indikasi kapan drone ini akan atau bahkan tersedia untuk konsumen, meskipun kendaraan ini diklaim sebagai alternatif yang lebih aman untuk penerbangan helikopter.

Kerabat yang super, sebagaimana kutipan di atas, pernahkah kamu menonton serial The Jetsons, trilogi Back to the Future, Blade Runner hingga The Fifth Element yang menampilkan mobil-mobil terbang? Film dan serial tersebut mengisahkan bahwa dimasa depan mobil terbang menjadi kendaraan semua orang, berseliweran melewati gedung-gedung pencakar langit. Sepertinya perusahaan EHang asal China coba mewujudkan impian film-film fiktif tersebut.

Tapi nampaknya drone tersebut masih butuh waktu lama untuk menjadi trend di Indonesia, seperti drone dengan harga 2 juta-an yang dengan cepat tersohor di Indonesia, for your information, harga satu drone yang bisa memuat penumpang tersebut dibandrol dengan harga Rp. 2 milyar, amazing!! Tapi untuk para komunitas penggila trend dan kekinian akut, 2 milyar bukanlah sebuah masalah.

Well kerabat, haruskah kita bertanya, sebenarnya akan kemana tujuan akhir umat manusia setelah semua kemajuan tersebut? Demikian artikel drone berpenumpang jelmaan mobil terbang masa depan. Sampai jumpa diartikel-artikel berikutnya, semoga bermanfaat. Wassalam
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment