Breaking!
Loading...

Karakteristik Pembelajaran Kooperatif

loading...

Assalamualaikum kerabat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas menganai Karakteristik Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran kooperatif berbeda dengan strategi pembelajaran yang lain. Adapun perbedaan tersebut bisa dilihat dari proses pembelajaran yang akan lebih menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok. Tujuan yang ingin dicapai dari penggunaan pembelajaran kooperatif ini tidak hanya pada kemampuan akademik siswa dalam pengertian penguasaan bahan pelajaran, namun juga adanya unsur kerja sama untuk penguasaan materi tersebut. 
Baca juga : Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Dengan adanya kerja sama inilah yang menjadi ciri khas dari pembelajaran kooperatif. Hal ini sesuai dengan definisi yang diutarakan oleh Slavin, ia menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif menekankan pada tujuan kesuksesan kelompok, yang hanya dapat dicapai jika semua anggota kelompok mencapai tujuan atau penguasaan materi.

Hal ini didukung oleh Isjoni (2009:44) bahwa cooperative learning merupakan strategi yang menempatkan pesrta didik belajar dalam kelompok yang beranggotakan 4-6 peserta didik dengan tingkat kemampuan atau jenis kelamin atau latar belakang yang berbeda. Pembelajaran harus menekankan kerjasama dalam kelompok untuk mencapai tujuan yang sama.

Karakteristik pembelajaran kooperatif harus mempunyai unsur model dalam proses pembelajaran. Hal ini disampaikan oleh Sutardi (2007:67) menyebutkan bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal, lima unsur model pembelajaran yang harus diterapkan, yaitu:
1) Saling ketergantungan positif
2) Tanggung jawab perorangan
3) Tatap muka
4) Komunikasi antar anggota
5) Evaluasi kelompok
Baca juga: Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match
Orlich yang dikutip oleh Iru, La (2012:55) menyebutkan lima karakteristik pembelajaran kooperatif yaitu:
1) Menggunakan kelompok kecil tiga atau empat orang peserta didik. 
2) Berfokus pada penyelesaian tugas-tugas. 
3) Terjadi kerja sama dan interaksi kelompok.
4) Tanggung jawab pribadi untuk belajar.
5) Mendukung kerja kelompok.

Siahaan yang dikutip oleh Rusman (2011:205) mengutamakan lima unsur esensial yang ditekankan dalam pembelajaran kooperatif, yaitu: 
1) Saling ketergantungan yang positif
2) Interaksi berhadapan (face-to-face interaction)
3) Tanggungjawab individu (individual responsibility)
4) Keterampilan sosial (social skills)
5) Terjadi proses dalam kelompok (group processing).

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment