Breaking!
Loading...

Tujuan Pembelajaran Kooperatif

loading...

Model pembelajaran kooperatif memiliki tujuan penting lainnya yakni mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Banyak anak muda dan orang dewasa masih kurang memiliki keterampilan sosial untuk bekerja dalam situasi kooperatif. Hal ini sesuai dengan definisi yang diutarakan oleh Johnson & Johnson, menyatakan bahwa tujuan pokok belajar kooperatif adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemaham secara individu maupun secara kelompok. Dan pendapat lainnya, Rusman (2012:210) mengungkapkan tujuan penting lain dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi.
Keterampilan kerjasama dan kolaborasi sangat penting untuk diajarkan kepada siswa. Kerena akan melatih siswa saling menghargai satu dengan yang lainnya. Selain itu, siswa akan belajar untuk memecahkan masalah yang sulit secara bersama-sama. Seperti yang dikemukakan oleh Sutardi (2007:60). Bahwa tujuan pembelajaran kooperatif adalah:
1) Membantu peserta didik memahami konsep-konsep yang sulit dimengerti siswa;
2) Model dengan struktur penghargaan kooperatif mampu meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang akan berhubungan dengan hasil belajar;
3) Peserta didik cepat tanggap dalam belajar akan menjadi tutor;
4) mengajarkan kepada peserta didik keterampilan kerjasama dan kolaborasi;
5) meningkatkan kinerja peserta didik dalam tugas-tugas akademik.

Dalam tujuan pembelajaran kooperatif harus mempunyai tujuan-tujuan dalam proses pembelajaran agar kelompok tersebut bekerja sama secara kolaboratif. Hal ini disampaikan oleh Eggan and Kauchak yang dikutip oleh Trianto (2007:42) pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara kolaboratif untuk mencapai tujuan bersama diantaranya yaitu:
1) Pembelajaran kooperatif disusun sebagai usaha untuk meningkatkan partisifasi siswa.
2) Memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok.
3) Memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama.
Selain itu juga terdapat tiga tujuan pembelajaran kooperatif yang harus dikembangkan yaitu hasil belajar akademik, penghargaan kelompok dan pertanggungjawaban individu. Hal ini diperkuat oleh Isjoni (2011:27) menyatakan bahwa pada dasarnya model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran, yaitu:
1) Hasil belajar akademik
Disamping dapat mengubah norma yang berhubungan dengan hasil belajar, pembelajaran kooperatif dapat memberi keuntungan, baik itu kepada siswa kelompok bawah maupun siswa kelompok atas yang bekerja sama menyelesaikan tugas-tugas akademik.
2) Penghargaan kelompok 
Pembelajaran kooperatif menggunakan tujuan-tujuan kelompok untuk memperoleh penghargaan kelompok, penghargaan kelompok di peroleh jika kelompok mencapai skor diatas kriteria yang ditentukan.
3) Pertanggungjawaban individu

Keberhasilan kelompok siswa tergantung pada pembelajaran individu dari semua anggota kelompok pertanggung-jawaban tersebut menitikberatkan pada aktivitas anggota kelompok yang saling membantu dalam belajar, maksudnya saling membantu dalam rangka memahami materi pelajaran.

Berdasarkan dari kajian teoritik diatas dapat disintesiskan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan sistem pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa sebagai sumber belajar,  serta diharapkan dapat menambah pengetahuan dan siswa dapat belajar secara berkelompok bersama siswa lainnya, dengan cara menghargai pendapat dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan gagasannya dengan menyampaikan pendapat mereka secara berkelompok.

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment