Breaking!
Loading...

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif

loading...

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Assalamualaikum kerabat. Pengertian Pembelajaran Kooperatif menurut Slavin (1994) menyatakan bahwa “model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran”.
Pengertian dari model pembelajaran kooperatif adalah mengelompokkan para  siswa yang ada di dalam kelas ke dalam sebuah kelompok-kelompok kecil dengan tujuan supaya siswa mampu bekerja sama dengan teman lain dengan kemampuan maksimal yang mereka miliki dan mempelajari satu sama lain dalam kelompok tersebut (Slavin, Johnson & Johnson (1987) dalam Isjoni (2009:17).

Dalam sumber lain mengatakan pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan dari teori kontruktivisme karena penggunaannya berujuan untuk dapat mengembangkan struktur kognitif untuk membangun pengetahuan sendiri melalui berpikir rasional (Rustaman (2003:206).

Model pembelajaran kooperatif adalah sebuah sistem pembelajaran yang akan memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur (Lie, 2008:12).

Sedangkan model pembelajaran kooperatif ini merupakan terjemahan dari istilah cooperative learning. Istilah cooperative learning ini berasal dari kata cooperative yang memiliki arti mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu antara satu siswa dengan siswa lainnya sebagai satu kelompok atau satu tim (Isjoni, 2009:15).

Baca Juga : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Kata kooperatif  mengandung pengertian bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Dalam kegiatan pembelajaran kooperatif siswa secara individual aktif mencari hasil yang dapat menguntungkan bagi seluruh anggota kelompoknya (Hasan (1996).

Penggunaan pembelajaran kooperatif di kelas lebih dari sekedar kerja kelompok atau belajar kelompok semata. Karena di dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antar siswa secara terbuka dan hubungan yang bersifat interdepedensi efektif diantara anggota kelompok (Sugandi, 2002:14).

Sugiyanto (2008:35) mengatakan bahwa pembelajaran kooperatif (cooperative learning)adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan sosial siswa yang bermuatan akademis untuk sampai kepada pengalaman individual dan kelompok, saling membantu, berdiskusi, ber-argumentasi dan saling mengisi satu sama lain untuk memperoleh pemahaman bersama (Malik, 2011).

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment