Breaking!
Loading...

Mengatasi Android Tidak Terdeteksi di PC Windows

loading...

Assalamualaikum kerabat. Mengatasi Android Tidak Terdeteksi di PC Windows, sebagian dari kamu mungkin belum tahu mengapa masalah tersebut terjadi. Apakah kamu tahu android sebenarnya adalah sebuah Operating System yang dikembangkan berbasis OS Linux. jadi tidak heran jika terkadang android kamu tidak terdeteksi di laptop atau komputer yang menggunakan OS Windows.
Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan dari penggunaan smartphone android adalah bisa mentransfer file dari PC tanpa batasan. namun, apa jadinya bila perangkat android kamu tidak bisa terhubung ke PC tentu akan mengganggu kamu bukan?

Saya juga pernah berada pada situasi yang sama dengan kamu dan untuk itu saya menulis cara mengatasi android tidak terdeteksi di PC yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan Laptop Windows.

masalah ini bisa kamu atasi dengan mudah tetapi juga tergantung dari penyebab masalah yang terjadi, karena setiap permasalahan tentu berbeda cara penangananya dan berikut daftar permasalahan yang kerap terjadi jika android tidak terdeteksi di komputer.

1. Pastikan Kabel USB Tidak Rusak
Ketika pertama kali kamu membeli smartphone pasti sudah disediakan kabel USB yang berguna untuk menghubungkan ke komputer dan jika android kamu tidak terhubung bisa jadi karena kabel USB kamu rusak dan satu-satunya metode atau cara lain yang tepat yang bisa digunakan adalah membuang kabel USB lama atau membakarnya, lalu mencoba menggunakan kabel USB orang lain.

2. Nyalakan Opsi OTG
Pada menu Settings, carilah opsi atau pilihan OTG. Biasanya terdapat di bagian atas di bawah opsi Hotspot atau Bluetooth. Pada smartphone tertentu mungkin saja opsi OTG tersebut berada dalam sebuah direktori yang biasanya memuat banyak opsi, misanya pada pilihan 'Pengaturan Lainnya' klik saja untuk membuka direktori tersebut dan cari OTG. Jika pada smartphone kamu terdapat pilihan OTG silakan klik, lalu geser untuk menyalakan OTG. 

2. Instal Update Android USB Device Drivers
OS windows dibuat oleh perusahaan Microsoft yang tentu saja berbeda dengan android jadi tidak heran jika tidak memiliki driver khusus android, tetapi, tenang saja karena windows dibuat untuk bisa kompatibel dengan semua perangkat ponsel manapun.

kamu bisa menginstal Drivers android secara manual yang telah disediakan khusus oleh produsen samartphone kamu seperti samsung, LG, Sony, HTC, dan lain-lain.

Baca Juga : Mengatasi Loading Berat Pada Font di MS. Word

3. Instal Ulang Drivers USB Android
Jika sebelumnya kamu telah menginstal Drivers USB Android namun tetap saja smartphone kamu tidak terdeteksi cobalah untuk mengisntal ulang. dan untuk uninstalnya kamu pergi ke Device Manager pada windows kemudian cari telepon kamu setelah itu klik kanan dan uninstal.

setelah kamu menerapkan cara di atas silahkan cabut sambungan USB dan restart ulang PC kamu.

4. Pastikan Android kamu menggunakan Mode MTP
masalah ini sering kali terlupakan oleh pengguna android yang mana perangkat kamu terhubung sebagai PTP bukan MTP. Untuk dapat mengubahnya caranya cukup mudah pertama silakan masuk ke Settings => kemudian ente pilih Storage/Penyimpanan.

- Selanjutnya tap atau pilih ikon titik 3 yang ada di pojok kanan atas dan pilih USB Computer Connection.

- Langkah selanjutnya centang pilihan perangkat media MTP

5. Aktifkan USB Debugging
Jika kamu menggunakan alat-alat pendukung lain seperti si ODIN, ADB untuk menghubungkan android kamu dengan PC penting sekali bagi kamu mengaktifkan terlebih dulu USB Debugging agar bisa terhubung. jika android kamu menggunakan Versi 4.2 kebawah maka untuk mengaktifkanya cukup mudah. Kamu cukup masuk ke pengaturan telepon dan pilih Developer Options.

6: USB Port kamu telah Rusak
Kalau kamu sudah mencoba semua cara yang telah saya sampaikan di atas tadi namun android tetap tidak terdeteksi kemungkinan Hardware USB Port kamu telah rusak dan satu-satunya cara adalah  membakar HP kamu :) atau segera melarikannya ke tempat service smartphone resmi terdekat.
Well, itulah beberapa tips mengatasi android tidak terdeteksi di PC. Semoga bermanfaat, wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment