loading...
Assalamualaikum kerabat. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Pemasaran. Dalam melakukan proses pemasaran perusahaan terkadang mengalami hambatan dan rintangan yang disebabkan adanya beberapa faktor. Adapun beberapa faktor yang memberikan pengaruh terhadap kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan, baik itu perusahaan yang memproduksi barang (fisik) maupun perusahaan yang memproduksi jasa (non fisik) antara lain :
a. Organisasi
faktor ini biasanya berasal dari dalam perusahaan itu sendiri yang memberikan pengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Dalam suatu organisassi perusahaan diharapkan saling memberikan kerjasama yang baik antara bagian-bagian atau devisi-devisi yang ada dalam perusahaan sehingga dapat memberikan keuntungan bagi seluruh bagian-bagian yang dalam perusahaan.
b. Manajemen
Perusahaan dalam menerapkan manajemen sudah semestinya diperhitungkan dan dianalisis dengan baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai serta berkembang dengan baik dimasa mendatang
c. Kerja sama antar karyawan dalam perusahaan
Proses ini dimungkinkan adanya hubungan yang baik antar karyawan dengan perusahaan tersebut, dengan adanya hubungan yang baik antar karyawan dalam perusahaan akan memberikan dampak yang baik.
d. Kebijakan pemerintah
Dalam perkembangan suatu perusahaan yang memproduksi barang atau jasa sudah semestinya barkaaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada. Jika produk perusahaan yang telah beredar di masyarakat bertentangan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang diterapkan maka perusahaan tersebut akan mengalami kendala dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Sebaliknya bagi kebijakan pemerintah yang tidak memberikan relevansi dan dukungan bagi perusahaan, maka perusahaan juga akan mengalami kendala dalam melakukan kegiatan pemasaran.
Hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah bagi perusahaan seperti:
1) Legalitas perusahaan
Perusahaan perlu melakukan bahwa perusahaan itu adalah perusahaan yang telah memperoleh ijin resmi dalam melakukan kegiatan produksi, memasarkan produknya serta terdaftar secara syah oleh pemerintah mengenai keberadaan usahanya.
2) Sertivikasi produk
Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan harus mendapatkan sertifikat prodak dan sisyahkan oleh pihak yang berwenang sebelum prodak-prodak itu dipasarkan ke konsumen.
Marketing menemukan dan memuaskan kebutuhan dengan cara melakukan perencanaan pemasaran seperti berikut :
1 . Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar yang akan kita lakukan harus diarahkan pada kebutuhan konsumen, diantaranya barang atau jasa apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, bagaimana kualitasnya, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Tujuan riset pasar adalah untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.
2 . Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)
Jika sudah mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, maka langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:
(1) Pasar individual (individual market).
(2) Pasar khusus (niche market).
(3) Segmentasi pasar (market segmentation).
Memilih pasar sasaran tersebut, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar (segmentation market). Sedangkan bagi perusahaan baru dan kecil akan lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche market) dan pasar individual (individual market).
3 . Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
Penerapan strategi pemasaran tersebut sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari kehari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat dipengaruhi oleh potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:
a. Berorientasi pada pelanggan (customer orientation).
b. Kualitas (quality), ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien, dan tepat.
c. Kenyamanan (convenience), artinya memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenikmatan dan kenyamanan.
d. Inovasi (innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa, maupun proses.
e. Kecepatan (speed), atau sering disebut Time Compression Management (TCM), yang diwujudkan dalam bentuk:
Kecepatan untuk menempatkan produk baru di pasar.
Memperpendek waktu untuk merespons kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer response time).
f. Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
4 .Pemilihan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran ialah gabungan dari kinerja wirausaha dengan penelitian dan hasil pengujian pasar sebelumnya untuk mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen seorang wirausaha dapat merekayasa hal-hal yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu product, price, probe, promotion and place.
Well, sekian artikel tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Pemasaran kali ini kerabat, sampai jumpa pada postingan berikutnya, semoga bermanfaat, wassalam.
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon