loading...
Penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran adalah definisi dari perencanaan pemasaran. Maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan pemasaran adalah sebuah proses sistematis untuk merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran. Rencana pemasaran tersebut memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Tujuan dari perencanaan pemasaran yaitu identifikasi dan kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini adalah bentuk nyata dari sebuah perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis kepada bentuk persaingan global yang berubah terdiri atas:
1. penyesuian ukuran bisnis
2. perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau
3. penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.
Ada beberapa masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran :
1. peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba
2. angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang
3. tujuan yang tidak realistis
4. kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan
5. perselisihan antar fungsional
6. frustasi manajemen
7. perkembangbiakan produk dan pasar
8. pengeluaran promosi yang sia-sia
9. penentuan harga yang terlalu membingungkan
10. semakin melemah terhadap perkembangan bisnis
11. hilangnya kontrol atau kendali terhadap bisnis minimum marketing plan yang memuat unsur-unsur sebagai berikut:
a. Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran b. Strategi bauran pemasaran c. Deskripsi mengenai produk d. Strategi penetapan harga e. Rencana promosi f. Penetapan produk (penjualan dan distribusi)
Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran meliputi :
1. melakukan analisis situasi Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT (streghts, weaknesses, opportunities, dan threats). Analisis SWOT tersebut mencakup peluang dan masalah yang akan ditimbulkan oleh trend dan situasi dari pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
2. Menetapkan sasaran atau tujuan. Tujuan tersebut dirumuskan secara khusus atau spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan dapat dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa yang akan datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan sebuah perusahaan.
3. Menyusun strategi dan program Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program (tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi).
Hasil yang didapat dari perencanaan pemasaran yang bertitik pada konsumen dapat menghasilkan suatu keunggulan persaingan melalui;
1. harga yang lebih rendah di bandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama atau
2. keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi. Perbedaan dan keunikan di antara para pesaing dapat ditunjukkan berdasarkan analisis keunggulan bersaing. Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar, antara produknya, dan produk pesaing harus dapat di rasakan di pasaran. Keunggulan bersaing ini dapat diperoleh dengan mencari berbagai aspek diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang tidak mudah ditiru oleh pesaingnya.
Manfaat rencana pemasaran :
1. mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik.
2. mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan.
3. meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah.
4. meminimalkan respon tak rasional samapi respon yang tak diharapkan.
5. mengurangi masalah atau konflik tentang ke mana seharusnya organisasi tersebut bergerak.
6. meningkatkan komunikasi.
7. mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis.
8. memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan.
Sekian artikel tentang Pengertian Marketing Plan Dan Manfaatnya. Bila terdapat kesalahan mohon diberi maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata semoga artikel kali ini bermanfaat, wassalam.
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon