Breaking!
Loading...

Cara Mengisi Ujian Online Lewat HP di Google Form

loading...

Assalamualaikum kerabat. Dalam kondisi yang terjadi sekarang ini di tengah pandemi virus covid 19, telah memaksa kita mengubah perilaku maupun kebiasaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja bagi mereka yang bekerja di kantor, perusahaan terpaksa membuat kebijakan bekerja dari rumah bagi para karyawannya. Berikutnya kegiatan para siswa dan guru belajar mengajar di sekolah, diliburkan dan harus pindah ruang ke rumah masing-masing. 

Dalam upaya pencegahan virus para siswa tidak diperbolehkan untuk datang ke sekolah melainkan tetap wajib mengikuti pembelajaran di rumah dengan cara online. Sementara itu waktu untuk ujian kenaikan kelas sudah semakin dekat, dan harus dilakukan secara online baik dari laptop maupun smartphone. Untuk membantu mempermudah proses pengisian ujian onliene ini, MG sudah menyiapkan satu tutorial lengkap dengan video Cara Mengisi Ujian Online Lewat HP. Silakan simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Membuka link ujian online dari guru kelas
Langkah Pertama, adalah membuka link ujian online yang sudah diberikan oleh wali kelas. Jika Ibu atau Bapak guru membagikannya lewat Whatsapp, silakan buka Whatsapp dan temukan link seperti contoh pada gambar di bawah ini:
Link ujian yang diberikan pada umumnya berwarna biru seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas
Langsung saja di klik link tersebut dan tunggu proses loading sampai muncul halaman yang meminta kamu untuk login.

2. Login Email untuk Masuk ke Lembar Pengisian Ujian Online
Langkah berikutnya silakan isi nama alamat email, jangan sampai salah pengetikan harap perhatikan baik-baik.
Klik LOGIN untuk melanjutkan mengisi alamat email dan password
Tunggu sampai halaman pengisian alamat email terbuka.

Isikan nama alamat email dengan benar
Setelah mengisi email klik berikutnya
Selanjutnya kamu akan diminta mengisi password email kamu.

Isi password email kamu dan klik berikutnya untuk melanjutkan.

3. Isi Data Diri (Nama, Absen, Kelas dll)
Perhatikan bagian yang diberi bintang (*) itu berarti kolom yang wajib di isi dan tidak bisa dilewati
- Isi kolom nama dengan menggunakan nama lengkap.
- Untuk kelas ada opsi pilihan, misalnya kelas A atau B atau C, silakan pilih kelas masing-masing.
- Lalu isikan password yang dikirimkan Ibu atau Bapak Guru. Password biasanya dikirimkan bersamaan dengan link ujian. Silakan buka kembali WA dari Ibu atau Bapak guru.

Password terletak di bawah link ujian
Silakan kamu masukkan password yang diminta. Penulisan harus sama persis, misalnya terdapat huruf besar gukan huruf besar, atau terdapat double letter maka tulis juga hurufnya. Kemudian klik berikutnya.

Perlu diperhatikan bahwa setiap sekolah punya sistem ujian online yang berbeda-beda. Bisa jadi saat proses awal membuka lembar ujian online, kamu diminta untuk mengisi No. Absen, No. Induk, No. Sekolah dll. Cara mengisinya sama saja silakan isi sesuai dengan data yang kamu miliki

4. Tahap Pengisian Ujian Online
Sekarang kamu sudah bisa mulai mengisi ujain online tersebut.

       

Cara mngisinya sama saja dengan ujian offline di kelas dengan selembar kertas. Jika soalnya piihan ganda seperti gambar di atas maka kamu tinggal pilih jawaban mana yang kamu anggap sebagai jawaban yang paling tepat.

                          

Pada gambar di atas menunjukkan bahwa kamu bisa mengganti jawaban saat kamu menyadari bahwa jawaban yang kamu masukkan salah. Kamu bisa memilih opsi jawaban lain yang kamu rasa paling benar. Namun saat kamu sudah mengirim jawaban kamu sudah tidak bisa lagi memperbaharui jawaban atau membenarkan jawaban. Jadi pastikan dulu sebelum mengirim semua jawaban sudah terisi dengan benar.




Nah jika sudah selesai mengisi semua soal silakan kamu klik kirim. Sebaiknya sebelum mengirim silakan pastikan kembali tidak ada jawaban yang terlewat atau jawaban yang salah. Karena sekali lagi, ketika kamu sudah mengirim jawaban dan jawaban sudah masuk pada sistem, kamu tidak bisa lagi membetulkan jawaban. 



Setelah kamu mengirim jawaban akan muncul halaman seperti gambar di atas. Kamu bisa melihat kembali jawaban yang sudah kamu kirim tadi, tapi tetap tidak bisa membetulkan jawaban yang sudah kamu kirim. Untuk melihat lembar soa dan jawaban yang sudah kamu kirim kamu bisa klik Lihat Akurasi.

Demikianlah artikel Cara Mengisi Ujian Online Lewat HP di Google Form, untuk melihat tata cara dalam bentuk video MG sudah menyiapkannya dan bisa kalian tonton pada video di bawah ini.

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment