Breaking!
Loading...

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

loading...
Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial


Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu proses kegiatan yang dirancang untuk merubah suatu individu melalui pengalaman yang diterimanya pada suatu program  pendidikan  maupun  kumpulan beberapa mata pelajaran yang  berkaitan dengan kehidupan sosial yang menjadi satu dengan pendekatan ilmu sosial lainnya seperti  antropologi budaya, sosiologi, sejarah, psikologi sosial, geografi, ilmu politik, ekonomi dan lain sebagainya. Dan juga dapat dikaji berdasarkan peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan politik. Mata pelajaran tersebut mempunyai ciri-ciri yang sama, oleh karena itu dipadukan menjadi satu bidang studi yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (Saidiharjo, 1996:4)


Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu pendekatan  interdisipliner  (Inter-disciplinary Approach) dari pelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial  merupakan integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya, maksudnya Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebuah cara pandang terhadap pelajaran ilmu sosial lainnya dengan menggunakan lebih dari satu pendekatan seperti antropologi budaya, sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, geografi, sejarah, ekonomi, ilmu politik dan lain sebagainya, sehingga diperlukan penguasaan pendekatan ilmu-ilmu tersebut dalam menerapkan Ilmu Pengetahuan Sosial (Mulyono Tj,1980:8).

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar mulai diajarkan di kelas tiga yang terdiri atas pengetahuan sosial serta sejarah yang mencakup pengetahuan tentang lingkungan sosial, ilmu bumi, ekonomi, dan pemerintahan serta sejarah yang mencakup pengetahuan tentang proses perkembangan masyarakat Indonesia. Ralp C. Preston dalam Sapriya, dkk (2006:4) “…the social sciences are the fields of knowledge which deal with man’s social behavior, his social life, and his social institution”. Implikasi dari pengertian tersebut menunjukkan luasnya ruang lingkup ilmu sosial, karena menyangkut pada tingkah laku sosial manusia, kehidupan bermasyarakat serta kelembagaan dalam mayarakat.

Lebih lanjut lagi, pendapat yang serupa diungkapkan Muhammad Nu’man Somantri (2001:74) mengemukakan bahwa pendidikan ilmu pengetahuan sosial adalah penyederhanaan disiplin ilmu-ilmu Sosial, ideologi  Negara dan disiplin ilmu lainnya serta masalah-masalah sosial terkait yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan pada tingkat dasar dan menengah. 



Pengertian pembelajaran yang diutarakan para ahli di atas hampir sejalan dengan yang dinyatakan Djahiri (2009:2) mengemukakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang-cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya kemudian diolah berdasarkan prinsip pendidikan dan didaktik umtuk dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.

Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial adalah suatu bahan kajian yang terpadu sebagai penyederhana, adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi dan ekonomi (Mulyasa, 2004:194).

loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment