Breaking!
Loading...

4 Cara Mengajari Bayi Pola Tidur Teratur

loading...

Cara Mengajari Bayi Pola Tidur Teratur - Kebanyakan bayi memiliki pola tidur yang tidak teratur. Misalnya, banyak tidur saat siang dan terjaga pada tengah malam.
Hal ini secara tidak langsung berdampak pada kesehatan bayi dan ibu. Bayi biasanya cenderung rewel, sementara ibu akan merasa sangat kelelahan karena harus begadang semalaman.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membuat jadwal tidur bayi kamu teratur, sebagaimana dilansir Femalefirst.

1. Mengenalkan siang dan malam
Meskipun terlalu dini, tidak ada salahnya kita mulai mengajarkan bayi agar bisa membedakan siang dan malam. Caranya, ajak anak bermain siang hari, serta biarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Pada malam hari, redupkan cahaya dan bersantailah di ruangan. Dengan melakukan aktivitas itu, otak bayi akan mengenali kapan dia boleh main dan kapan dia harus tidur.
2. Hindari televisi saat rutinitas malam
Jangan biasakan bayi bermain di depan televisi, karena akan membuatnya sulit tidur. Aktivitas bermain tanpa disertai kebisingan memudahkan bayi tidur lebih cepat tenang.

3. Bacakan Cerita
Membacakan sebuah dongeng atau cerita memang terdengar kuno, tapi cara ini ampuh untuk membuat anak lekas terlelap. Membacakan cerita juga diyakini bisa meningkatkan perkembangan otak anak.
4. Latih mental anak
Bayi meiliki kebiasaan menangis saat hendak tidur. Salah satu alasannya karena takut gelap.  Walau demikian, bukan berarti kamu harus berada di sampingnya setiap saat.

Mulai latih anak agar dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Caranya, duduk di sampingnya dengan sedikit jarak, dan jangan menyentuh. Tapi setelahnya, kamu bisa mengusap kepalanya sambil berkata, "Ibu di sini."
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment