Breaking!
Loading...

3 Cara Memperbaiki Masalah pada Flashdisk Tidak Terbaca atau Rusak

loading...

Assalamualikum kerabat. Memperbaiki Masalah pada Flashdisk Tidak Terbaca atau Rusak - Flashdisk adalah tempat penyimpanan data sementara dalam bentuk USB yang sangat simpel, bisa di bawa kemana saja dan juga praktis di gunakanya. Oleh karena itu flashdisk sangatlah populer dikalangan penggunanya. Tetapi tahukah kamu bahwa tempat menyimpan data sementara tersebut kadang-kadang mendapatkan masalah seperti error, rusak, atau corrupt sehingga menyebabkan flashdisk tidak bisa terbaca di komputer/pc atau laptop. Jika masalah seperti demikian sedang menimpa pada flashdisk kamu sedangkan file penting ada di USB tersebut, pasti kamu akan merasa amat jengkel. 
Sedangkan penyebab flashdisk bisa rusak salah satu kemungkinannya yaitu dikarenakan pelepasan flashdisk secara langsung tanpa di eject terlebih dulu. Sehingga berakibat fatal seperti rusak/crash pada chip flasdiks bahkan bisa-bisa flashdisk rusak permanen. Jika sudah rusak permanen maka sangat kecil harapan untuk bisa pulih seperti semula. Selain itu pelepasan flashdisk dengan tanpa melalui prosedur yang baik dan benar juga bisa menyebabkan flashdisk menjadi write protected. 

Dan satu lagi alasan mengapa flashdisk rawan rusak karena kualitas flashdisk itu sendiri. Terutama saat ini banyak beredar flashdisk dengan kualitas nomor 2, 3 atau bahkan lebih. Flashdisk jenis ini biasanya di jual dengan harga yang murah. Maka dari itu saat membeli flashdisk ada baiknya lebih jeli dan sebaiknya membeli di toko resmi agar tidak tertipu dengan kualitas rendahan. Berikut 3 cara 3 Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca alias rusak.

Beikut ini adalah 3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Alias Rusak:

Cara Pertama
Langkah pertama yang harus kita lakukan sebagai cara untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca adalah melakukan pengecekan kerusakan. Apakah kerusakan memang pada flashdisk ataukah pada sistem operasi yang tidak mendeteksi driver flashdisk kita. Langkah yang bisa ditempuh yaitu mencoba menghubungkan flashdisk di komputer lain. Jika terdeteksi di komputer lain berarti yang bermasalah adalah sistem operasinya yang tidak mendeteksi driver flashdisk. Maka bisa di cari drivernya atau bisa menginstall ulang sistem operasinya. Jika tidak terdeteksi juga maka kemungkinan memang terdapat masalah pada flashdisk kamu.

Cara Kedua
Selanjutnya jika memang indikasi menunjukan bahwa FD memang bermasalah maka bisa coba beberapa langkah berikut ini:
- Colokkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu
- Selanjutnya ketik shortcut di keyboard "CTRL + R" kemudian ketik di kolom perintah seperti berikut "compmgmt.msc" lalu tekan Enter
- Setelah itu akan terbuka program compmgmt, Jika sudah maka klik program tersebut.
- Pada menunya pilih Storage yang terdapat di tengah kemudian pilih Disk Management.
- Biasanya jika kerusakan flashdisk tidak parah-parah amat maka flashdisk akan terdeteksi. Jika terdeteksi maka klik kanan lalu kamu pilih menu Create partition.
- Selanjutnya format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.
Cara Ketiga
Jika kamu telah menerapkan kedua cara di atas tapi masih belum berhasil juga maka kamu bisa mencoba cara ketiga ini yaitu dengan cara menggunakan aplikasi. Aplikasinya bernama HDD Low Level Format tool. Aplikasi HDD Low ini tersedia dalam dua versi yaitu Full dan Free. Meski demikian fitur yang ada pada free version sudah cukup mengatasi permasalahan kamu. 

Demikian artikel tentang 3 cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca atau rusak.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment