loading...
Assalamualaikum kerabat. Model pembelajaran kooperatif examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Tujuan dari taktik ini untuk menyiapkan para siswa secara cepat dengan menggunakan dua hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang ada atau suatu materi pelajaran yang akan dipelajari. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh dari suatu materi yang sedang dibahas. Sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari materi yang sedang dibahas.
Baca Juga: Pengertian Model Pembelajaran Make a Match
Hal ini sesuai dengan definisi yang diutarakan oleh Iru (2012:66) menyatakan bahwa model examples non examples adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan gambar sebagai media atau alat peraga untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, model pembelajaran examples non examples tidak jauh berbeda dengan model pembelajran kooperatif yang lain, yang membentuk kelompok dan mengutamankan kerja sama antar anggota kelompok tersebut.
Hal ini didukung oleh Komarudin (2009:12) menyatakan bahwa model pembelajaran examples non examples yaitu model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Media gambar yang digunakan tersebut disusun dan dirancang supaya anak mampu menganalisis gambar menjadi sebuah bentuk deskripsi yang singkat mengenai apa yang terdapat di dalam gambar, penggunaan model pembelajaran ini lebih menekankan pada konteks analisis siswa.
Pendapat yang berbeda dikemukakan Kemudian Hamdani (2011:94) bahwa examples non examples adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan dengan kompetensi dasar. Sedangkan Joyce and Weil yang dikutip oleh Suyatno (2009:1) memberikan kerangka konsep terkait strategi tindakan yang memberikan krangka konsep yang model examples non examples sebagai berikut:
1) Menggeneralisasikan pasangan antara Example dan Non Example yang menjelaskan beberapa dari sebagian besar karakter atau atribut dari konsep baru. Menyajikan itu dalam satu waktu dan meminta siswa untuk memikirkan perbedaan apa yang terdapat dua daftar tersebut. Selama siswa memikirkan tentang tiap examples non examples tersebut, ditanyakanlah pada mereka apa yang membuat kedua daftar itu berbeda.
2) Mempersiapkan examples non exalmples tambahan, mengenai konsep yang lebih spesifik untuk mendorong siswa mengecek hipotesis yang telah dibuatnya sehingga mampu memahami konsep yang baru.
3) Meminta siswa untuk bekerja berpasangan menggeneralisasikan konsep examples non examples. Kemudian setelah itu meminta tiap pasangan untuk menginformasikan di kelas untuk mendiskusikannya secara klasikal sehingga tiap siswa dapat memberikan umpan balik.
4) Sebagai bagian penutup adalah meminta siswa untuk mendeskripsikan konsep yang telah diperoleh dengan menggunakan karakter yang telah diperoleh dengan menggunakan karekter yang telah didapati dari examples non examples.
Hal ini dinyatakan oleh Suprijono (2011:54) examples non examples merupakan model pembelajaran yang didukung dengan penggunaan media visual berupa gambar dengan langkah-langkah kegiatan yang telah disusun oleh guru sebagai tenaga pengajar. Model pembelajaran kooperatif examples non examples dominan diterapkan di kelas tinggi, namun dapat juga diterapkan di kelas rendah dengan menekankan aspek psikologis dan tingkat perkembangan siswa kelas rendah seperti:
1) Kemampuan berbahasa tulis dan lisan
2) Kemampuan analisis ringan, dan
3) Kemampuan berinteraksi dengan siswa lainnya.
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon