Breaking!
Loading...

Mengubah Android Menjadi Remote TV

loading...

Assalamualaikum kerabat. Mengubah Android Menjadi Remote TV adalah judul artikel yang akan saya angkat pada postingan kali ini. Kadang saya tidak habis pikir dengan barang yang satu ini. Di saat saya membutuhkannya dia menghilang entah kemana. Saat sudah ditemukan remote rusak dan tak bisa digunakan. 

Kiranya itulah beberapa permasalahan yang lumrah kita temukan pada remote TV. Tapi sepertinya semua masalah di atas tidak akan terjadi lagi jika kita mengubah fungsi Android menjadi remote TV. Ya, Smartphone android tidak akan kita tinggalkan dan letakan begitu saja dan di mana saja seperti remote tv. Dia telah menjadi salah satu kebutuhan pokok di samping makan dan minum.

Saya percaya jika android layak menjadi hp multifungsi karena sangat membantu kebutuhan manusia. Namun, tidak semua hp android bisa diubah menjadi remote TV, hanya perangkat android yang memiliki fitur IR (InfraRed/ infra merah) saja yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari remote TV.

Dahulu ketika zamanya OS Symbian terkenal kita bisa dengan mudah menemukan hp yang dijejali fitur InfraRed karena memang fungsinya seperti Bluetooth. tetapi, sekarang hanya hp berkelas High-End saja yang memiliki fitur ini contohnya samsung galaxy S4, S5, S6, Note 3, HTC ONE Max, LG Optimus L9, Sony Xperia Z2 dan masih banyak lagi.

Dan berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur fungsi android menjadi remote tv.

Gunakan Aplikasi WatchOn


a) Tahap Pertama 
- Buka aplikasi Watchon lalu pilih "Select Country or Region" pilih "Indonesia". pada tahap ini silahkan kamu pilih TV Berlangganan yang kamu gunakan jika tidak ada pilih saja "Indovision".

- Kemudian akan tampil pilihan personalisasi silahkan kamu pilih "Skip" dan akan muncul syarat ketentuan dan pilih "Agree".

b) Tahap Pengaturan

- Untuk setting tekan gambar remote yang berada di pojok kanan atas. kemudian kamu pilih aja opsi "Continue" dan pilih merk TV yang kamu gunakan.

- Jika merk TV tidak ada dalam daftar pilih "Show Other Brands" kemudian "klik tombol power untuk menyalakan TV" kalau TV berhasil hidup klik "Yes, This Code One Work".

- Kalau ternyata tombol tadi tidak berhasil menyalakan TV klik "Send This One Code Again" kalau ternyata tetap gagal silahkan kamu pilih "No, Test Next Code XX (sesuai nomor kode)" dan terus kamu coba sampai bisa.

- Jika berhasil akan tampil "Set-Top Box" pilih "My.....TV" (sesuai Merk TV). dan jika TV yang kamu gunakan pakai antena biasa atau analog, silakan pilih "My...TV" dan proses selesai.

- Jika kamu menggunakan Decoder atau Receiver, pilih "Set-Top Box" dan terakhir pilih merk Decoder yang kamu gunakan.

Note: jika kamu orang kaya dan memiliki banyak TV dalam rumah, kamu juga bisa menambahkan merk tv lain yang ada di rumah kamu dengan cara pilih Menu => pilih Setting => pilih aja ya Add Room dan setting mengikuti cara yang ada diatas.

Note: jika kamu adlah orang yang sangat kaya raya dan ingin juga menambahkan AC, DVD, Blue Ray Player atau lainya caranya pilih tombol menu => pilih Add Device => dan pilih perangkat yang kamu gunakan. dan lakukanlah Set seperti kamu mengatur TV tadi.

Gunakan Aplikasi IR Universal Remote


Cara kedua ini dapat dilakukan jika perangkat kamu mendukung Infra Merah tetapi tidak memiliki Aplikasi WatchOn di dalamnya maka bisa menggunakan langkah ini.

- Pertama, kamu download dahulu IR Universal Remote di PlayStore.

- Kemudian buka aplikasi dan pilih "IR Database" pilih merk TV yang kamu gunakan.

- Akan nampak sebuah tampilan seperti remote TV di layar android kamu. Nah, sekarang kamu sudah bisa nih menggunakan smartphone kamu untuk mengatur TV tersebut.

Bagaimana kerabat, cukup mudah bukan? Sekian dulu artikel tentang Mengubah Android Menjadi Remote TV, semoga bemanfaat, wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment