Breaking!
Loading...

Membedakan Iphone Asli dan Palsu

loading...

Assalamualaikum kerabat. Cara Membedakan Iphone Asli dan Palsu adalah tema yang akan saya bahas kali ini. Barang tiruan di era canggih seperti saat ini bisa dengan mudahnya berseliweran di sekitar kita. Jangan dulu berbicara gadget canggih yang dipalsukan, panganan seprti beras dan telur pun sudah banyak yang imitasi. Betapa mengerikan bukan? 

Beras dan telur mungkin adalah beberapa contoh saja dari sesuatu yang bisa dikatakan merupakan kebutuhan primer. Bahkan harga perkilonya tidak sampa Rp. 50.000. Tapi, jika barang yang satu ini harganya mencapai jutaan. Ya, Iphone, menghilangkan rasa kenyang, melenyapkan dahaga - begitu kata para konsumennya. 

Dengan harga yang begitu tinggi banyak kalangan melirik hal itu sebagai sebuah kesempatan untuk memungut keuntungan, memanfaatkan kesempatan untuk memalsukan barang tersebut. Keuntungannya tentu sangat besar, dan bisa dibilang akan mengalahkan keuntungan yang diraup oleh yang empunya cetak biru dari barang tersebut.

Untuk mencegah semakin banyak kerabat yang tertipu, maka artikel kali ini khusus akan membahas tentang cara membedakan antara Iphone Asli dengan Palsu melalui beberapa cara, yang bisa kamu perhatikan di bawah ini.

1. Amati Material Casing yang digunakan

Seperti yang sudah sama-sama kita tahu bahwa produk apple hampir semuanya adalah kelas premium dan bahan untuk membuatnya tentu tidak sembarangan. Sebut saja iphone 4 yang bahan dasarnya menggunakan material kaca dan alumunium.

Tentu saja ketika kamu memegangnya akan terasa kuat dan kokoh serta terkesan berat. Berbeda dengan iphone palsu. Biasanya bahan yang digunakan adalah plastik dan tentu saja akan terasa lebih ringan.

2. Perhatikan Teknologi Layar Iphone

Teknologi yang digunakan iphone yang sangat populer adalah Retina Clear Black Display yang akan memberikan ketajaman pada layar iphone kamu.

Perlu kita tahu pada Retina Display setiap pixel layar akan sulit dilihat dengan mata telanjang karena ukuranya yang sangat kecil. Bayangkan saja layar non retina untuk ukuran 1 pixelnya sama dengan 4 pixel pada Retina Display.

So, jika kamu bisa melihat pixel pada Iphone 5S dengan jarak yang cukup jauh maka bisa dipastikan kalau iphone tersebut palsu atau supercopy. Apalagi jika ditemukan adanya Dead Pixel sudah bisa di pastikan kalau itu palsu.

3. Perhatikan Market Store yang digunakan

Market store adalah tempat khusus yang disediakan untuk mengunduh aplikasi atau game gratis dan berbayar yang disediakan oleh vendornya.

Misalnya, Android menggunakan Google Play Store, Windows Phone menggunakan Windows Phone Store, Blackberry memakai Blackberry App World dan Iphone menggunakan Itunes Store.

Dari sini kamu sudah bisa menebak kalau market Iphone sudah pasti hanya menggunakan App World. Jika kamu menemukan Iphone yang menggunakan Play Store langsung cari yang lain saja.

Tapi masalahnya terdapat pula iphone palsu yang menggunakan Play Store tetapi tampilan marketnya diganti sedemiakan rupa hingga menyerupai IOS App Store. Dalam hal ini kamu harus melakukan sinkronisasi dengan akun Apple ID.

Jika nantinya kamu di arahkan dan harus login dengan Apple ID atau membuat akun Apple ID itu tandanya Iphone tersebut asli. Tapi jika yang terjadi adalah login menggunakan akun Google Play itu tandanya Iphone tersebut palsu.

4. Cara Pengambilan Screenshoot Khusus

Ini merupakan tips sederhana, namun ternyata menurut beberapa sumber, iphone replika tidak bisa melakukan Screenshoot seperti iphone asli.

Iphone asli seharusnya bisa mengambil screenshoot dengan cara menekan tombol Home + Lock/Power secara bersamaan. Jika iphone yang sedang kamu pegang tidak bisa melakukan itu maka Iphone tersebut palsu.

5. Ada Harga Ada Rupa?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita tertarik dengan barang-barang mahal tapi bisa dibeli dengan harga murah.

Disinilah letak kewaspadaan kamu di uji. Bayangkan saja, apakah ada smartphone dengan harga normal 10 juta di jual dengan harga 1 - 2 juta saja?

Sekalipun kamu memiliki iphone hasil pemberian hadiah ulang tahun saya jamin kamu tidak akan menjualnya dengan harga segila itu bukan?

6. Cek Nomor Seri IMEI 

IMEI adalah Internatioanl Mobile Station Equipment Identity yang merupakan nomor serial khusus pada produk smartphone dan setiap smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda meskipun satu tipe.

Kamu bisa cek nomor seri IMEI dengan cara masuk ke Settings >> General >> About, kemudian catat nomor seri IMEI tersebut. Selanjutnya silahkan kamu menuju link ini https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do Kemudian masukan nomor IMEI yang telah kamu catat. Jika terdeteksi maka iphone tersebut adalah asli, pun demikian pula sebaliknya.

7. Cek Voice Over

ini adalah langkah terakhir, tapi paling ampuh karena Voice Over benar-benar hanya ada di Iphone, cara mengeceknya juga sangat mudah.

Saat kamu menyalakan Iphone untuk pertama kali, cobalah tekan tombol Home 3 kali, jika Voice Over dapat menyala maka sudah bisa di pastikan jika itu adalah produk iphone original.

Well, sekian artikel tentang cara membedakan Iphone Asli dengan yang Palsu. Saya rasa dunia sudah semakin gila, di mana ada peluang di sana ada uang - begitu kata para pebisnis curang. Bagikan artikel ini sebagai kepedulian terhadap sesama. Semoga bermanfaat, wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment