Breaking!
Loading...

Langkah-langkah penerapan model Make a Match

loading...


Assalamualaikum kerabat. Seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, pada kesempatan ini akan dibahas tentang Langkah-langkah penerapan model Make a Match. Sama halnya dengan model kooperatif lainnya, model make a match juga membutuhkan langkah-langkah yang sesuai demi kesuksesan di dalam penerapan model itu sendiri.

Langkah pertama pada model pembelajaran kooperatif make a match adalah guru menyiapkan kartu kartu untuk sesi review. Sebaiknya pada satu bagian kartu berisi soal dan pada bagian lainnya kartu jawaban. Dalam hal ini Rusman (2012:223), Lie (2008:55) dan Hamid (2011:228) sependapat, menjelaskan  langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif make a match sebagai berikut:


a) Guru mempersiapkan beberapa kartu yang berisi konsep-konsep atau topik yang cocok untuk sesi review.

b) Setiap peserta didik mendapatkan satu buah kartu.

c) Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok, kelompok pertama memegang kartu kartu pertanyaan, kedua kartu jawaban. Setiap peserta didik mecari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya.

d) Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberika poin.

e) Kartu diacak kembali dan peserta didik berganti peran.

Selain itu hal serupa seperti di atas yakni langkah-langkah make a match juga diungkapkan oleh beberapa ahli lainnya, menurut Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana (2009:46) yaitu: a) Guru menyiapkan beberapa kartu berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review materi, sebaiknya satu bagian kartu berisi soal dan bagian kartu lainnya berisi jawaban. b) Setiap peserta didik mendapat satu buah kartu. c) Setiap peserta didik memikirkan jawaban atas soal dari kartu yang dipegang. d) Setiap iswa mencari pasangan atau siswa yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya yang berisi soal jawaban. e) Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. f) Setelah satu babak berakhir, kartu dikocok ulang supaya setiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. g) Kesimpulan.


Pembagian kelas pada pembalajaran kooperatif make a match tidak hanya menjadi 2 kelompok, tetapi bisa juga menjadi 3 kelompok, hal ini sesuai dengan pendapat Suprijono (2010:94) yang memaparkan  langkah - langkah pembelajaran kooperatif make a match yaitu:

a) Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok, kelompok pertama memegang kartu- kartu pertanyaan, kelompok 2 memegang kartu kartu jawaban dan kelompok tiga adalah kelompok penilai.

b) Guru mengatur posisi kelas menjadi berbentuk huruf U, kelompok pertanyaan dan jawaban saling berhadapan.

c) Guru mebunyikan peluit sebagai tanda  agar kelompok pertama dan kedua saling bertemu untuk mencocokkan kartu masing masing.

d) Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang telah menemukan pasangannya untuk berdiskusi.

e) Pasangan yang telah bertemu wajib menunjukkan kartunya kepada kelompok penilai.

f) Kelompok penilai membaca  apakah jawaban mereka cocok atau tidak.

g) Guru mengatur kembali kelompok yang  memegang kartu pertanyaan, kartu jawaban dan kelompok penilai.

Dari kegiatan yang dilakukan ini telah membuat suasana belajar menyenangkan dan lebih menarik. Sebagian siswa tampak aktif mengikuti berbagai kegiatan yang harus dikerjakan oleh siswa. Meskipun di antara siswa masih ada yang belum menjawab pertanyaan secara benar, bagi siswa tersebut guru menganjurkan untuk mendiskusikan jawabannya ke dalam kelompoknya. Setelah para siswa berdiskusi akhirnya siswa tersebut dapat menjawab pertanyaan dengan baik, siswa mampu bersaing antar kelompok.

Demikianlah Langkah-langkah penerapan model Make a Match. Mempelajari model apa yang cocok diterpakan di kelas sangat penting agar efektifitas pembelajaran tercapai. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipelajari adalah model Make a Match. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya. Wassalam.

Sebelumnya: Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Make a Match
Kembali ke : Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment