Breaking!
Loading...

Pengertian Struktur Serta Peranan Ilmu

loading...

A. PENGERTIAN STRUKTUR ILMU

Assalmualaikum kerabat. Pada postingan kali ini akan dibahas tentang Struktur dan Peranan Ilmu. Sebelum membahas struktur ilmu, ada baiknya saya mengemukakakan terlebih dahulu tentang pengertian struktur. Menurut Joseph J.Schwab dalam tulisannya Structure of the Disciplines Meanings and Significance, konsep struktur bukanlah konsep yang sulit untuk dipahami. It refers to the parts of an object and the ways in which they are interrelated (Ford, 1969 : 6). 'Hal itu mengacu pada bagian-bagian dari suatu objek dan tata cara yang saling berhubungan'. Jadi jika kita bicara struktur gedung maka kita bicara tentang bagian-bagian dari gedung itu dan hubungan antara bagian-bagian tersebut sehingga kita menemukan bentuk gedung tersebut. Bagian-bagian yang sama dengan bentuk hubungan antara bagian yang berbeda akan menghasilkan bentuk gedung yang berbeda pula.

Baca Juga : Resep Sederhana Mie Tumis

Menurut Schwab (1969: 12-14) struktur suatu disiplin ilmu adalah bentuk konsepsi yang membatasi pokok masalah yang diselidiki dari suatu disiplin dan pengawasan/pengendalian terhadap penelitiannya, the body of imposed conception which define the investigated subject matter of discipline and control its inquiries (Schwab: 1969). Struktur suatu disiplin meliputi dua bagian, yaitu subtantive conceptual structure dan syntactical structure. Subtantive conceptual structure ialah konsep-konsep yang menjadi kerangka berpikir atau frame of reference dalam meneliti sesuatu. subtantive conceptual structure akan mengarahkan dan menghubungkan penelitian melalui beberpa rangkaian pertanyaan, contohnya data apakah yang hendak perlu dicar? Eksperimen yang bagaimana yang diperlukan? dan apa yang harus dilakukan? Sementara konsepsi yang dimaksud dibentuk oleh ilmu itu sendiri atau dapat meminjam dari disiplin yang lain.

Syntactical structure memiliki hubungan dengan inquiry atau penelitian yang dilakukan oleh disiplin tersebut. Syntactical structure menyangkut masalah-masalah jalan mana yang akan ditempuh dalam penelitian? Cara mengumpulkan data; cara menguji data; kriteria yang dipakai dalam menetapkan kualitas data; ukuran untuk menentukan bahwa data yang diperoleh relevan atau mungkin tidak relevan, penting atau kurang penting; jalan yang ditempuh oleh disiplin itu sendiri, dari data mentah melalui interpretasi menuju kepada kesimpulan.

Baca Juga : Menyembunyikan File/Folder di Windows

William J. Goode berpendapat bahwa ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang sistematis dan sekaligus sebagai metode pendekatan terhadap dunia empiris; ilmu merupakan relasi yang rumit antara teori dan fakta (Goode, 1952 : 7). Selanjutnya pendapat Jacob Bronowski (1979: 54) dalam bukunya The Values of Science, mengemukakan Science is the activity of arranging the known facts in groups under general concept and the concepts are judged by the factual outcome of the actions which we base on them. 'Ilmu adalah aktivitas menyusun fakta-fakta yang diketahui dalam kelompok-kelompok di bawah konsep-konsep umum, dan konsep-konsep itu dinilai berdasarkan pernyataan dari tindakan-tindakan yang kita dasarkan padanya'. 

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa batang tubuh ilmu atau the body of knowledge, strukturnya dapat mencakup fakta konsep, generalisasi, dan teori. 

Berikutnya: PENGERTIAN DAN PERANAN FAKTA
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment