loading...
Prinsip-prinsip Hasil Belajar
Assalamualaikum kerabat. Prinsip – prinsip hasil belajar meliputi : prinsip Kontinuitas, Valid atau sahih, adil, objektif, transparan atau terbuka, dan menyeluruh. Hasil belajar harus memiliki prinsip kontinuitas artinya evaluasi tidak boleh dilakukan secara insidential karena pembelajaran itu sendiri adalah suatu proses yang kontinu atau berkesinambungan.
Baca juga: Fungsi dan Tujuan Penilaian Hasil Belajar
Dalam pelaksanaanya hasil belajar senantiasa berpegang pada beberapa prinsip dasar. Sudjono (2008:31), menyampaikan 3 prinsip dasar, yaitu:
1) Prinsip Keseluruhan
Prinsip ini juga di kenal dengan istilah prinsip komprehensif atau prinsip menyeluruh.
2) Prinsip Kesinambungan
Prinsip ini dimaksud bahwa evaluasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi yang dilaksanakan secara teratur dari waktu ke waktu.
3) Prinsip Objektivitas
Prinsip ini memiliki makna bahwa evaluasi hasil belajar bisa dinyatakan sebagai evaluasi yang baik jika dapat terlepas dari faktor-faktor yang bersifat subjektif. Ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan di dalam menyusun tes hasil belajar, agar tes tersebut benar-benar dapat mengukur tujuan pengajaran.
Baca juga: Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples
Menurut Purwanto (2010:23), beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam menyusun tes hasil belajar tersebut antara lain adalah:
1) Tes hendaknya dapat mengukur secara jelas hasil belajar yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan instruksional.
2) Mengukur sampel yang representatif dari hasil belajar dan bahan pelajaran yang telah diajarkan.
3) Mencakup bermacam-macam bentuk soal yang benar-benar cocok untuk mengukur hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan.
4) Dirancang sesuai dengan kegunaannya untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
5) Dibuat seakurat mungkin sehingga mudah dimaknai dengan baik.
6) Digunakan untuk memperbaiki cara belajar peserta didik dan cara mengajar guru.
Senada dengan pendapat sudjono di atas, Thobroni (2011: 21-22) mengemukakan secara lebih singkat bahwa prinsip hasil belajar terdiri dari tiga hal, yang pertama yaitu perubahan perilaku hasil belajar yang memiliki ciri-ciri sebagai perubahan yang disadari, berkesinambungan, bermanfaat, positif, usaha yang direncanakan dan dilakukan, bertujuan dan terarah, serta mencakup seluruh potensi kemanusiaan. Kedua, belajar merupakan proses. Dan yang ketiga, belajar merupakan bentuk pengalaman.
Prinsip-prinsip hasil belajar yang disampaikan Slameto (2003:27-28) menyatakan bahwa prinsip-prinsip hasil belajar yaitu berdasarkan prasyarat yang diperlukan untuk belajar, sesuai hakikat belajar, sesuai materi/bahan yang harus dipelajari, syarat keberhasilan belajar. Kemudian pemaparan mengenai prinsip hasil belajar juga disampaikan Suprijono (2009:4) prinsip hasil belajar memiliki ciri-ciri yaitu:
1) Sebagai hasil tindakan rasional instrumental yaitu perubahan yang disadari.
2) Kontinu atau berkesinambungan dengan perilaku lainnya.
3) Fungsional atau bermanfaat sebagai bekal hidup.
4) Positif atau berakumulasi.
5) Aktif atau sebagai usaha yang direncanakandan dilakukan.
6) Tetap alias permanen, sebagaimana pernyataan Wittig, belajar sebagai setiap perubahan yang relatif permanen dalam daftar perilaku organisme yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman.
7) Bertujuan dan terarah.
8) Mencakup keseluruhan potensi kemanusiaan.
Baca juga: Jenis-jenis Hasil Belajar
Berkaitan dengan prinsip-prinsip hasil belajar di atas dapat dikemukakan bahwa prinsip penilaian hasil belajar dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembalajaran dan mencakup valid, objektif, transparan, adil, terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan, akuntabel, beracuan kriteria dan reliabilitas.
Semua prinsip tersebut harus dilaksanakan dengan benar untuk menjaga keobjektifan dalam melakukan penilaian hasil belajar. Penilaian yang dilakukan pendidik harus dapat mengukur pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.
Baca juga: Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon