Breaking!
Loading...

Tips dan Trik Untuk Mengatasi Homesick

loading...

Assalamualaikum kerabat. Pada postingan ini akan dibahas tips mengatasi homesick. Namun sebelum membahas tips mengatasi homesick, mari kita ketahui dulu apa itu homesick. Homesick adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa sangat menderita dan tidak nyaman dikarenakan berada jauh dari rumah.

Homesick sering dialami oleh remaja, hal ini dikarenakan para remaja biasanya sangat sensitif terhadap masalah zona nyaman dan kebebesan yang mereka miliki sekarang. Saat seorang remaja berada jauh dari rumah atau orang tua biasanya mereka akan sulit menerima keadaan dan malah menjadi susah beradaptasi.

Hal ini tentunya menjadi suatu keadaan yang kurang baik bagi kalangan remaja, apalagi jika mereka tinggal di asrama sekolah atau kost yang mengharuskan mereka bersosialisasi dengan baik. Salah tindakan malah dapat membuat para remaja kehilangan motivasi belajar mereka. Berikut tips mengatasi homesick.

1. Buat suasana jadi nyaman
Terutama bagi anak asrama dan kost yang merasa kurang nyaman dengan suasana tempat atau kamar baru. Mungkin kita bisa membuat suasana kamar itu menyerupai kamar kita di rumah atau membuat suasana kamar yang sekondusif mungkin, senyaman mungkin. Hal ini dapat mengurangi homesick karena mendapatkan suasana ruangan seperti yang kita inginkan.

2. Cari teman
Hidup sendiri terkadang mendatangkan kesedihan bagi kita. Mencari teman baru sangat dianjurkan saat kita homesick. Apalagi jika teman kita itu juga sama-sama sedang homesick. Kita bisa saling bercerita atau bisa saling curhat. Selain itu kita juga dapat saling menghibur. Itulah alasan mengapa berteman itu penting. Dari pada kita menyendiri dan sedih sendiri lebih baik kita saling menghibur bukan?

3. Ibadah yang khusyu'
Disaat kita sedang rindu rumah dan orang tua, kita bisa mengobati rasa rindu itu dengan cara beribadah yang khuyu' dan hikmat. Manfaatkan kesempatan itu untuk berdoa dengan sunggu-sungguh. Insya Allah akan di ijabah oleh Allah SWT. Jangan lupa juga untuk membaca Al-Quran karena Al-Quran adalah obat dari segala kesedihan.

4. Ingat Orangtua
Ini yang juga menjadi poin penting. Disaat kita sedang homesick terkadang kita dapat menjadi seseorang yang tak terkendali dan kacau. Kita lupa akan rencana awal kita untuk "Belajar dan menuntut ilmu". Satu hal penting yang harus kita lakukan adalah mengingat bagaimana perjuangan dan harapan orang tua kita. Kita juga harus ingat bahwa yang sedih di sini bukan hanya kita, tapi orangtua juga sedang merindukan kita di sana. 

Saya yakin bahwa ada banyak sekali pertanyaan dan kekhawatiran menghampiri pikiran setiap orangtua. Apakah anak saya sudah makan? Apakah anak saya bisa tidur di sana? Apa yang sedang dilakukan anak saya sekarang? Jadi kita harus bisa menghargai dan memperjuangkan pengorbanan orangtu kita. Untuk apa kita pergi jauh-jauh dari rumah kalau bukan ingin menjadi "ORANG SUKSES"? 

5. Jangan dijadikan beban
Saat merasa kurang nyaman seperti ini biasanya kita menjadi sangat kacau. Bahkan terkadang kita malah membuat masalah baru yang tidak diinginkan. Jalani saja semuanya dengan santai. Memang agak sedikit sulit di saat pertama, tapi secara perlahan kita akan beradaptasi dengan kondisi itu. INGAT! jangan membuat masalah menjadi berbelit-belit. 

6. Jangan menutup diri dari informasi
 Terutama bagi anak asrama/kost yang tidak tersedia fasilitas televisi. Walaupun kita berada di asrama kita tetap harus Up date berita-berita terkini. Entah itu berupa berita politik ataupun berita internasional. Menyimak berita membuat kita tidak terkurung seperti katak dalam tempurung. Walau fisik kita terkurung di kost atau asrama tetapi imajinasi kita dapat berkembang.

Demikian artikel mengenai tips mengatasi homesick. Saya ingin menutup artikel ini dengan menggarisbawahi point nomor 6, jangan tutup diri kamu dari berita atau informasi, ya itu benar! Entah kamu sedang mengalami homesick atau kebalikannya kamu senang menyendiri di rumah, tetap buka pikiranmu dengan berita dan informasi baru. Hal itu dapat mendatangkan pengetahuan juga sekaligus inspirasi. Semoga bermanfaat, wassalamualaikum. wr. wb.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment