Breaking!
Loading...

Cara Menghafal dengan Cepat

loading...
Assalamualaikum kerabat. Cara Menghafal dengan Cepat di sini maksudnya adalah menghafal isi dari presentasi atau sidang skripsi. Tapi saya kira teknik ini juga bisa diterapkan untuk menghafalkan teks yang lain. Teknik ini telah saya praktekan sendiri dan terbukti berhasil. 

Jika sebelumnya kita telah mengenal teknik menyalin, dimana teks yang akan kita hafalkan disalin, dipindahkan berulang kali dari satu lembar kertas ke lembar lainnya. Namun teknik menyalin ini memiliki kekurangan, selain melelahkan karena menulis secara berulang, teknik ini juga membuat kita melakukan pemborosan dalam pemakaian kertas. Well langsung saja kepada teknik menghafal dengan cepat berikut ini.

Teknik Merekam dan Mendengarkan

Presentasi atau sidang skripsi berkaitan erat dengan banyak data. Sementara kamu tidak bisa memasukan semua data ke dalam powerpoint/slideshow. Memang sudah peraturannya bahwa isi dari powerpoint/slideshow hanya berupa point-point utama saja. Dalam sidang skripsi khususnya, setelah mempresentasikan powerpoint/slideshow, kita akan ditanya bagaimana dan darimana data-data itu kita dapatkan. 

Untuk dapat menjawabnya kita perlu menghafalnya. Sebenarnya membuka skripsi diperbolehkan jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan sang penguji, tapi tentu hal itu akan mengurangi nilai kita. Kita tidak ingin hal itu terjadi bukan? Karena itu kita harus benar-benar menghafalnya. 

Ide awal dari teknik ini muncul saat saya menyadari mudahnya menghafal lirik-lirik lagu favorit atau kesukaan. Saya mendengarkan lagu itu berulang kali hingga saya mampu melafalkan lirik-lirik lagu kesukaan saya tersebut. Mungkin ini bukan teknik ciptaan saya, tapi saya telah memodifikasinya, dan saya rasa tidak banyak orang yang menyadari bahwa teknik sederhana ini dapat membantu mempercepat proses menghafal. Berikut saya paparkan tahapan-tahapannya.

1. Biasakan membaca Bismillah sebelum melakukan sesuatu. Kemudian siapkan data/point-point utama yang akan kamu hafalkan. Pastikan bahwa point-point tersebut sesuai dengan isi dari slideshow/powerpoint yang sudah kamu buat.

2. Siapkan alat perekam. Kamu bisa menggunakan handphone untuk merekam data ataupun point yang hendak kamu hafalkan. 

3. Tambahkan background lagu pada rekaman. Ini adalah opsi jika kamu tidak suka kamu bisa mengabaikannya. Tujuan dari penambahan latar lagu di belakang rekaman adalah agar kamu lebih nyaman dan tidak bosan mendengarkan rekaman. 

4. Pilih lagu kesukaanmu yang akan kamu jadikan backsong. Kamu bisa menggunakan handphone lain atau mungkin laptop untuk memutar lagu favoritmu. Yang harus kamu perhatikan adalah suara backsong tidak lebih besar dibanding suara kamu. Kemudian putar musiknya bersamaan dengan proses perekaman suara. 

5. Jika proses perekaman sudah selesai, cocokan kembali rekaman suara tersebut dengan powerpoint/slideshow yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika belum sesuai maka perbaiki dan ulangi proses perekaman.

6. Jika kamu sudah yakin dengan rekaman suara tersebut, gunakan headset untuk mendengarkannya secara berulang.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengikuti "Extra Guide" begitu saya menyebutnya, seperti di bawah ini.

1. Sama halnya seperti kamu menyukai musik favoritmu, kamu akan memutar lagu itu berulang kali, karena kamu menyukainya. Begitu juga dengan rekaman tersebut, belajarlah untuk menyukainya, mencintainya, itu akan membantu proses menghafal menjadi lebih cepat.

2. Jika kamu mempunyai teman-teman spesial atau pacar, kamu bisa meminta mereka untuk membantumu menjadi pengisi suara pada rekaman tersebut. Tentu akan timbul motivasi lebih saat mendengar rekaman dari suara teman atau kekasihmu. Perasaan senang karena mereka mendukungmu, hal itu juga mampu mempercepat kamu dalam menghafal.

3.  Kegiatan menghafal seperti ini idealnya dimulai 1 minggu sebelum waktu presentasi. 2 atau 3 minggu sebelumnya jauh lebih baik. Jika saat membaca artikel ini waktu presentasimu hanya tinggal beberapa hari lagi, maka lekas buat rekaman suaramu. Atau mungkin kamu bisa mencoba teknik menyalin.

Well demikianlah artikel tentang Cara Menghafal dengan Cepat, sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya. Semoga artikel mengenai ini dapat membantu kamu dalam mempercepat hafalanmu. Akhir kata semoga bermanfaat, wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment