Breaking!
Loading...

Mengatasi Game Android Mendadak Berhenti/Close

loading...

Assalamualaikum kerabat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara Mengatasi Game Android Mendadak Berhenti/Close. Biasanya ketika terjadi Force Close di layar smartphone akan tampil sebuah peringatan "This Application Has Stopped Unexpectedly" dan disertai dua tombol "Force Stop" dan "Report". Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Pada awalnya saya juga bingung dan berusaha mencari tahu jawabanya kesana-kemari dan akhirnya saya berhasil menemukan beberapa penyebab utamanya dan saya yakin salah satu faktor penyebab di bawah ini juga terjadi pada kamu:

1. Aplikasi atau game yang kamu mainkan masih dalam tahap uji coba dan masih banyak bug (BETA)
2. Koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil atau naik turun bahkan putus
3. Perangkat yang kamu gunakan tidak cocok/compatible
4. Smartphone kamu di jalankan dengan OS android yang sudah udzur/lama (versi 2.3 kebawah)
5. Terjadi kerusakan pada perangkat smartphone kamu entah itu hardware, software, atau sensor
6. OS yang kamu gunakan memang tidak cocok untuk menjalankan aplikasi/game tersebut
7. Sistem smartphone sudah diganti/berubah (biasanya karena di root)
8. Aplikasi/game yang kamu gunakan terlalu memakan banyak ruang memory
9. Keadaan smartphone kamu yang sudah terlalu panas (Over Heat)
10. Banyak aplikasi lain yang berjalan di background dan saling berebut ruang memori 
11. Game/aplikasi yang kamu mainkan adalah file yang tidak valid

Well, apakah kamu sudah tahu berbagai penyebab aplikasi/game yang kamu mainkan keluar sendiri? Sekarang tahan terlebih dahulu niat untuk membanting smartphone kamu dan simak beberapa langkah mudah yang telah saya praktekan dan terbukti berhasil dibawah ini:

- Cek Aplikasi Lain 

Pastikan apakah ada aplikasi lain yang berjalan di backgroud, caranya masuk ke menu Aplikasi Task Manager dan lihatlah berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan bersamaan. Tutuplah semua aplikasi yang berjalan tersebut dan cobalah mainkan game kamu sekali lagi dan seandainya langkah ini tidak berhasil kita lanjut ke langkah kedua

- Menghubungkan Smartphone ke Internet
perlu diingat terlebih dahulu jenis aplikasi atau game yang kamu mainkan itu OFFLINE atau ONLINE, jika online kemungkinan saat kamu memainkanya koneksi internet tiba-tiba terputus. Sekarang cobalah koneksikan dengan cara masuk ke Setting => Wireless & Network => Mobile Network => Enable Data Access. dan setelah kamu memastikan koneksi telah terhubung langsung coba mainkan kembali.

- Manual Force Close
Jika aplikasi masih saja tetap bandel cobalah menutupnya kembali secara paksa dan ini juga bertujuan untuk merestart kembali game tersebut. Caranya masuk ke menu Settings => Applications Manager => pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu restart atau bila perlu pilih saja semuanya kemudian pilih Force Close.

- Matikan Lalu Hidupkan Kembali Smartphone
Dengan mematikanya ini memberikan sedikit waktu bagi processor untuk beristirahat, memang itu adalah benda mati namun jika disuruh untuk terus berjalan dan bekerja pasti akhirnya akan loyo juga. Pastikan sebelum menghidupkan kembali smartphone kamu keadaanya sudah dingin atau setidaknya tidak terlalu panas seperti ketika kamu memainkaya. Jika perlu setelah itu Reboot Android, hal ini membuat MotherBoard dan Chipset tidak menerima energi baterai dan merefresh ulang semuanya. caranya lepas baterai, kartu SIM, dan Micro SD dari tempatnya.

- Hapus Cache Data Aplikasi
Seperti yang sudah kita bahas di awal tadi salah satu alasan game android tiba-tiba keluar sendiri adalah karena RAM yang habis oleh aplikasi-aplikasi bandel. Silahkan masuk ke menu Settings => Applications Manager => silahkan pilih game yang ingin kamu hapus datanya tenang saja ini tidak akan menghapus filenya kok kemudian klik Clear Data. Hal ini memang perlu dilakukan agar RAM kamu menjadi longgar kembali dan khusus aplikasi atau game yang memerlukan login terlebih dahulu. Kamu akan login seperti pertama kali kamu memainkanya. namun, jika kamu ingin cara yang lebih simpel lagi cukup instal aplikasi pembersih cache android seperti "Clean Master".

- Update Game Tersebut
Apakah kamu melihat review pengguna yang ada pada game tersebut sebelum kamu mendownloadnya? Jika rating bintangnya sedikit dan banyak keluhan bisa dipastikan aplikasi atau game tersebut memiliki performa yang buruk. Akan tetapi, jika kamu sudah terlanjur kepincut dengan game tersebut sebaiknya sering cek apakah ada pembaruan versi.
Karena biasanya jika banyak bug dan keluhan dari penggunanya si vendor aplikasi tersebut akan segera mengupdate ke versi yang lebih baik.

- Instal Ulang Game
Ada kalanya kamu harus lebih cermat dalam menginstal game di smartphone kamu. Sebisa mungkin hindari game yang dicompress atau game bajakan dan downloadlah game dari play store saja. Untuk reinstal game caranya masuk ke menu Settings => Applications Manager => lalu pilih dan klik Uninstall selanjutnya coba unduh lagi game tersebut kalau bisa carilah yang versi asli jangan versi bajakanya di play store.

- Update OS Smartphone Kamu
Jika OS yang kamu gunakan adalah versi lawas dan biasanya yang sering bermasalah adalah versi Ginggerband 2.3 kebawah. Sekarang saatnya untuk mengupgadenya ke versi terbaru, lagi pula mengunduhnya juga gratis dan tidak di pungut biaya. Perlu kamu tahu sebagian besar aplikasi yang ada di play store berjalan lancar pada OS Ace Cream Sanwich 4.0, jadi versi berapakah android kamu? Cara untuk melakukan update sangat mudah, cukup masuk ke menu Settings => About Phones => System Updates.

- Hard Reset
Ini adalah langkah yang paling ekstrim, yaitu kembali ke pengaturan awal. Biasanya langkah ini sangat ampuh bahkan virus-virus yang sebelumnya tidak terdeteksi juga ikut disapu bersih. Perlu digaris-bawahi, sebaiknya lakukan langkah ini ketika smartphone kamu memang sudah memiliki penyakit yang sangat parah dan kamu sudah mencoba berbagai cara di atas. Berhati-hatilah dalam melakukan cara ini, karena data-data penting akan ikut terhapus. Sebaiknya lakukan back up pada file-file penting terlebih dulu, seperti foto, video, musik, dan kontak. Lepas Micro SD untuk memperlancar proses Factory Reset, cara untuk Hard Reset sangat mudah.
Cukup dengan masuk ke Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset.

- Beli Smartphone baru
Ini adalah langkah terakhir yang super ampuh untuk mengatasi game android yang tiba-tiba keluar sendiri. Biasanya smartphone android generasi terdahulu memiliki RAM hanya 512 MB dan Single Core, sekarang cobalah membeli android dengan fitur-fitur yang lebih canggih seperti RAM minimal 1 GB dan processor Dual Core. Tapi, jika membeli smartphone dengan spesifikasi RAM 2 GB dan Processor Quad Core atau Octa Core itu lebih baik dan memainkan game berat spek HD'pun tidak masalah.

Well, sekian artikel cara mengatasi game android yang keluar sendiri semoga bermanfaat. Wassalam
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment