Breaking!
Loading...

7 Cara Mendidik Anak - Ustadz Farid Ahmad

loading...
Assalamualaikum. Selamat pagi kerabat pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tulisan tentang 7 Cara Mendidik Anak. Anak sejatinya adalah anugerah yang dititipkan Allah pada kita. Kedudukan anak lebih tinggi ketimbang materi, ini dapat dibuktikan lewat kerja keras kita mencari nafkah demi mencukupi segala kebutuhan si buah hati. Demi menyekolahkan anak kita rela banting tulang istilahnya agar masa depannya terjamin kelak. 

Namun belakangan hal ini tidak diimbangi dengan cara asuh yang tepat, kita lupa bahwa kita mendidiknya dengan cara yang kita mau bukan cara yang mereka mau. Pola pikir orang dewasa tentu jauh berbeda dengan anak-anak, kerap kali kita memaksakan kehendak kita masuk ke dalam perilaku mereka. Selain kekeliruan kita yang tidak menyadari bahwa anak-anak akan benar-benar menirukan orang tuanya.

Maka sebab itu kita harus pandai-pandai dan bersabar saat menjaga dan mendidik anak-anak kita, Ustadz Farid mebeberkan 7 tips khusus cara mendidik anak yang bisa kita terapkan guna memperbaiki kinerja kita mendidik anak. Berikut ini adalah kutipan beliau yang termuat di 7kontroversi.blogspot.com, selamat membaca :)


1. Jika anakmu menangis, tunjuk ke atas untuk melijat sesuatu misalnya cicak atau burung agar ia terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk.

2. Jika anak-anakmu tidak mau berhenti bermain, katakan kepada mereka: “Mainnya 5 menit lagi yaaa”. Kemudian ingatkan kembali: “Dua menit lagi yaaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Mereka akan berhenti bermain.

3. Ketika kita ada di tengah-tengah anak-anak yang sedang berisik, dan ingin memperingatkan mereka, katakanlah: “Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita saya, angkat tangannya..”

4. Berikan pengertian kepada anak sebelum tidur: “Yuk tidur sayang.. besok pagi kita sholat subuh”,

5. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.

6. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak. Luangkan waktu lebih banyak bersama anak. Tinggalkan dulu hal lain yang tidak begitu penting.

7. Kemudian janganlah lupa meminta dan memohon kepada Allah SWT agar anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan solehah.

Well, semoga bermanfaat. Sekian artikel 7 Cara Mendidik Anak - Ustadz Farid Ahmad kali ini sampai berjumpa di artikel-artikel berikutnya, Wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment