Breaking!
Loading...

TERBARU 2020 BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN - DR KIDS

loading...

TERBARU 2020 BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN - DR KIDS

Assalamualaikum Wr. Wb. Kali ini kita akan sama-sama menyimak video BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN. Simak videonya sampai selesai dan jangan lupa untuk like, subscribe, komen dan share ya!

Dalam video ini akan kita sama-sama simak bagaimana belajar berhitung penjumlahan dan pengurangan dengan tekhnik kartu acak. Kartu acak ini pernah kita buat sebelumnya di sini:

Membuat Media Belajar Membaca dan Berhitung

Kalau kita sudah menyiapkan kartu dan bukunya, maka sekarang kita tinggal mengajak anak kita untuk berlatih dengan memberikan soal dari yang paling mudah hingga sulit.

Sebelumnya kita bisa me-review dulu apa yang ada di kartu tersebut. Contohnya angka, ada angka 1 sampai 10, lalu kita tes sang anak untuk menyebutkan apa angka yang kita tunjuk. Bisa di mulai dari 1 sampai 10 kemudian dibalik dari 10 ke 1, atau bisa dari 10 ke 1 dan sebaliknya. Ini bertujuan untuk menyiapkan sang anak bahwa mereka akan belajar dengan angka-angka tersebut.

Setelah selesai dengan mengenalkan atau mengulas angka-angka, kita bisa langsung memulai belajar menghitung. Lebih baik kita mulai dengan penjumlahan dan hasil penjumlahan dari angka tersebut kita mulai dari yang masih bersifat satuan. Contoh : 3 + 4 = 7 dan seterusnya minimal 3 kali pengulangan dengan angka yang berbeda.

Jika kita rasa sang anak sudah mampu menguasai penjumlahan pada tingkat satuan kita bisa meningkat ke penjumlahan yang hasilnya puluhan. Contoh : 5 + 6 = 11 dan seterusnya minimal 3 kali pengulangan dengan hasil yang berbeda. Sampai anak benar-benar lancar menguasai penjumlahan ini.

Kita bisa berhenti sejenak pada tahap penjumlahan ini jika sang anak masih kebingunan dengan penjumlahan yang hasilnya puluhan. Kita bisa coba ulangin dengan hasil yang berbeda, atau membantu sang anak berhitung dengan jari dan mulutnya.

Jika sang anak sudah mampu menguasai penjumlahan bahkan hanya pada tahap sekali tes, kita bisa melanjutkan ke pengurangan. Caranya sama seperti penjumlahan. Pada buku yang berisi kartu-kartu tersebut kita tinggal mengganti perintah penjumlahan ke perintah pengurangan dengan mengganti tanda + (plus) dengan tanda - (minus).

Setelah mengganti tanda perintah, kita bisa memulainya dengan pengurangan yang hasilnya masih bersifat satuan. Contoh : 7 - 3 = 4 dan seterusnya minimal 3 kali pengulangan dengan hasil yang berbeda.

Nah, gimana mudah bukan? Untuk praktik lebih jelasnya kamu bisa melihat video di bawah ini ya! 


loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment