Breaking!
Loading...

100% work - Cara Ampuh Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop

loading...

100% work - Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop

 

Assalamualaikum kerabat. Dalam penggunaannya sehari-hari tidak jarang laptop yang kita gunakan ngadat. Misalnya mengalami bunyi beep ketika akan dinyalakan. Bunyi beep pada laptop berbeda-beda tergantung masalah yang menyebabkan terjadinya bunyi. Jadi jangan panik dulu karena bunyi beep pada laptop kamu bisa jadi hanya masalah ringan saja.

Berikut ini berbagai macam bunyi beep dan langkah-langkah Cara Mengatasi Bunyi-Bunyi Beep Pada Laptop.

Baca Juga : Mengatasi Windows 7 yang lemot

1. Bunyi beep pendek terus menerus
Artinya power supply atau tegangan listrik yang masuk ke laptop kamu bermasalah. Silakan cek charger atau sumber listrik. Pastikan kamu terhubung ke listrik yang stabil. Pastikan pula jack charger sudah terpasang dengan benar. Periksa pula apakah baterai kamu sudah mantap terpasang.

Jika belum berhasil juga, berarti harus dibongkar dan dibawa ke tempat service laptop.

2. Bunyi beep pendek dua (2) kali

Artinya ada masalah pada settingan CMOS laptop kamu.

3. Bunyi beep pendek satu (1) kali


Artinya laptop kamu normal. Tidak ada masalah. Bunyi beep pendek satu kali ini sering terjadi saat pertama kali kita booting laptop. Jika ini yang terjadi, artinya motherboard sudah mendeteksi keberadaan RAM dalam kondisi normal. Oleh karena itu bunyi ini merupakan bunyi normal.

Perlu diketahui bahwa laptop masa kini sudah semakin canggih, sudah jarang kita dengar bunyi beep satu kali seperti ini. Kamu tidak usah risau, galau, gelisah apalagi ngambek, karena jika tidak ada bunyi beep-beep, tut-tut, atau tit-tit sama sekali, berarti laptop kamu masih dalam keadaan normal.

4. Bunyi beep panjang terus menerus

Artinya ada masalah dengan RAM laptop kamu. Tindakan pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuka dan mengambil si RAM tersebut dari belakang laptop, kemudian membersihkan RAM tersebut dengan menggunakan penghapus karet atau kain, bisa juga dibersihkan dengan menggunakan kompresor untuk membuang debu-debu baik di RAM, slot RAM, maupun di dalam laptop, lalu pasang kembali RAM. Kemudian nyalakan kembali laptop kamu. Apakah sudah berhasil?

Jika belum, coba ubah slot penempatan RAM. Jika belum berhasil juga, coba ganti RAM kamu dan ambil punya orang lain, atau beli dan pasang RAM baru. Karena RAM tidak bisa diservice. Dia hanya sekali pakai.

Baca Juga : Menambahkan Qur'an ke dalam Microsoft Word - Add-ins Qur'an in Word
Ingat, RAM laptop itu berbeda dengan RAM PC/Desktop, sehingga kamu harus memastikan bahwa RAM yang kamu beli itu cocok atau tidak untuk laptop kamu. Kalau perlu, saat membeli RAM baru, sebaiknya kamu membawa laptop dan mengetes langsung di toko komputer tempat kamu membeli RAM.

Jika belum berhasil juga, artinya ada masalah dengan socket alias colokkan RAM kamu, yang artinya laptop kamu harus segara dilarikan ke toko service laptop.

5. Bunyi beep yang panjang sekali (1), pendek sembilan (9) kali

Artinya ROM laptop kamu bermasalah. Wajib dibawa ke tempat service. Tapi sepertinya masalah ini jarang ditemui kecuali laptop kamu benar-benar rusak parah ya. Segera saja banting bawa ke toko service.

6. Bunyi beep yang panjang sekali (1), pendek tiga (3) kali


Artinya ada masalah pada keyboard laptop kamu. Bisa karena ada tombol yang rusak, atau menekan terus-menerus, atau hanya sekedar ada kotoran atau debu atau upil masuk ke dalam keyboard kamu. Untuk mengatasi hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Jika Ada Tombol atau Tuts yang Rusak
- Periksa tombol keyboard satu persatu. Tombol mana yang rusak.
- Lepas bagian yang tidak berfungsi, lalu bersihkan menggunakan kuas

Jika Tidak Ada Tombol yang Rusak
Jika semua tombol keyboard tidak ada masalah, kemungkinan ada kotoran atau upil atau debu di dalam keyboard. Silakan sobat bersihkan keyboard dengan meniupnya menggunakan kompresor. Jika  memang perlu, silakan kamu buka keyboard laptop kamu, semprot deh dengan mengginakan kompresor jangan pakai Cling, lalu bersihkan pin fleksibel keyboard dengan penghapus.

7. Bunyi beep yang panjang sekali (1), pendek dua (2) kali

Artinya ada masalah pada monitor atau VGAlaptop kamu. Tidak banyak informasi yang bisa kami berikan. Sebaiknya segera bawa ke tempat service.

8. Bunyi beep yang panjang sekali (1), pendek sekali (1)


Artinya ada masalah pada motherboard laptop. Jika sudah kena motherboard, sebaiknya segera bawa ke tempat service.

Demikianlah tips yang bisa kamu lakukan untuk solusi ketika laptop kamu timbul bunyi beep secara terus-menerus saat dihidupkan. Semoga bermanfaat!
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment