loading...
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat
1. Pengertian Debat
Debat merupakan suatu kegiatan yang berupa adu argumentasi dua pihak atau lebih secara perorangan maupun kelompok, dalam rangka mendiskusikan dan juga memutuskan sebuah masalah. Selain itu debat juga sering disebut sebagai suatu pertukaran pikiran yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai pandangan yang berlawanan.
Debat merupakan suatu kegiatan yang berupa adu argumentasi dua pihak atau lebih secara perorangan maupun kelompok, dalam rangka mendiskusikan dan juga memutuskan sebuah masalah. Selain itu debat juga sering disebut sebagai suatu pertukaran pikiran yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai pandangan yang berlawanan.
Pembelajaran model debat diawali dengan membentuk dua kelompok. Satu kelompok yang pro atau setuju dan satu kelompok lain kontra atau tidak setuju. Kedua kelompok ini duduk berhadapan dan saling beradu argumentasi dalam rangka mengemukakan pendapatnya untuk meyakinkan siswa lawan bicaranya atau kelompok lain bahwa yang dikemukakannya adalah benar. Maka adu argumen didalam model debat merupakan suatu keharusan yang dilakukan setiap siswa masing-masing kelompok. Jadi kemampuan menyampaikan pendapat sangat diperlukan dalam model pembelajaran ini.
Dalam model pembelajaran debat ini ada satu peraturan atau keharusan bagi masing-masing kelompok untuk menjelaskan alasan mengapa kelompoknya setuju atau tidak setuju dengan suatu permasalahan. Dengan kata lain tidak dibenarkan suatu kelompok untuk mengatakan sejutu, tetapi tidak memiliki argumentasi atau alasan mengapa mereka setuju, begitu juga sebaliknya.
Model debat merupakan model pembelajaran berbicara yang tidak hanya satu arah. Model pembelajaran debat mengarahkan siswa untuk mampu berbicara dan beradu argumen dari dua kelompok yang telah diatur untuk selalu beda pendapat, kelompok pertama diminta untuk selalu setuju terhadap masalah yang diberikan sedangkan kelompok yang kedua diminta untuk selalu tidak setuju terhadap masalah yang diberikan. Dalam pelaksanaanya dua kelompok tersebut akan mempertahankan pendapatnya sesuai apa yang telah di setting.
Debat adalah suatu praktik persengketaan atau kontra argumen untuk menetukan baik atau tidaknya suatu usulan yang didukung oleh satu pihak dan ditolak oleh pihak lain. Perdebatan merupakan suatu bentuk atau wujud pembicaraan, dari pihak yang pro (pendukung) dan kontra (penyanggah).
Debat merupakan model pembelajaran dengan sintaks siswa dibagi menjadi dua kelompok yang kemudian duduk berhadapan. Siswa membaca bahan ajar untuk dicermati oleh kelompok lain, sajian presentasi hasil bacaan dari perwakilan salah satu kelompok kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya begitu seterusnya secara bergantian dan guru membimbing untuk membuat kesimpulan dan menambahkkan bila perlu.
Lebih jelasnya pembelajaran model debat dilakukan dengan pemberian materi berupa masalah yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Pertama-tama masalah yang akan diperdebatkan dibacakan dengan pemberian beberapa ilustrasi yang sudah terjadi, kemudian siswa yang telah dibagi menjadi dua kelompok diminta untuk memberi tanggapan, pertama kelompok kontra diberi kesempatan untuk menolak atau tidak setuju dengan ilustrasi yang diberikan dengan memberikan alasan-alasan yang logis dari berbagai sudut pandang. Setelah itu kelompok pro diminta untuk menyanggah apa yang telah disampaikan oleh kelompok kontra juga dengan pemberian alasan-alasan yang logis. Proses debat tersebut dilakukan secara terus menerus sehingga siswa benar-benar berfikir semaksimal mungkin kemudian mengungkapkanya di depan forum. Untuk menghindari kebosanan kedua kelompok diadakan pertukaran posisi dan permasalahan yang berbeda-beda, yaitu kelompok pro berubah menjadi kelompok kontra dan begitu juga sebaliknya.
Dalam pelaksanaan model pembelajaran debat ini sangat diperlukan seorang pembimbing untuk mengendalikan keadaan kelas, karena apabila sudah terjadi perdebatan setiap kelompok tidak ada yang mau mengalah dan semakin lama perdebatan akan semakin memanas sehingga kehadiran seorang pembimbing sangat diperlukan. Siswa dilatih mengutarakan pendapat / pemikirannya dan bagaimana mempertahankan pendapatnya dengan alasan-alasan yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Bukan berarti siswa diajak saling bermusuhan, melainkan siswa belajar bagaimana menghargai adanya perbedaan.Yang diharuskan bagi para peserta debat adalah tidak diperkenankan menggunakan kata-kata yang kasar atau tidak baik agar siswa terlatih untuk berbicara dengan baik dan teratur.
Silberman (1996 : 141) menyatakan bahwa sebuah debat bisa menjadi metoda berharga untuk meningkatkan pemikiran, terutama bila siswa diharapkan dapat mengemukakan pendapat yang bertentangan dengan diri mereka. Ini merupakan strategi debat yang secara aktif melibatkan setiap siswa di dalam kelas, tidak hanya mereka yang di dalam kelas.
Baca Juga: Tipe-Tipe Hasil Belajar
2. Macam-macam Debat
a. Debat Silang
Debat silang adalah pembahasan suatu masalah, topik, ataupun isyu, oleh dua pihak yang berlainan pendapatnya., bahkan bertentangan. Akhir perdebatan adalah sebuah pendapat. Selanjutnya apakah hadirin akan diberi kesempatan bertanya atau mengemukakan pendapat atau tidak, terserah kapada pemimpin debat tersebut. (Garlan, 1951:352).
a. Debat Silang
Debat silang adalah pembahasan suatu masalah, topik, ataupun isyu, oleh dua pihak yang berlainan pendapatnya., bahkan bertentangan. Akhir perdebatan adalah sebuah pendapat. Selanjutnya apakah hadirin akan diberi kesempatan bertanya atau mengemukakan pendapat atau tidak, terserah kapada pemimpin debat tersebut. (Garlan, 1951:352).
b. Debat Parlementer
Metode ini disebut pula debat Oxford atau debat Inggris. Pelaksanaannya tidak banyak berbeda dengan Debat silanh diatas. Suatu masalah dianalisa dan dikemukakan pemecahannya oleh dua team(pihak) yang berlainan bahkan bertentangan dengan pendapatnya. Masing-masing team bisa terdiri dari 2-3 orang. Lebih dari itu akan memakan waktu yang terlalu lama. Perdebatan kemudian dilanjutkan dengan melibatkan para hadirin untuk mengajukan pertanyaan, pendapat, komentar, saran, atau kritik kepada para penyanggah. Terakhir dilanjutkan dengan pemungutan suara (voting) jika memang diperlukan. Jika tidak mungkin konsesus tercapai. (Garlan : 1951 : 352).
c. Debat Langsung
Prosedur metode ini pada umumnya hampir sama dengan prosedur kedua debat diatas. Bedanya hanya pada aspek-aspek atau butir-butir yang tidak disetujui oleh team penyanggah, langsung diperdebatkan. Jadi team penyanggah menyampaikan prasarannya, lalu ditanggapi oleh team penyanggah. Tampak dalam aspek atau butir apa saja penyanggah tidak bersesuaian pendapat dengan pemrasaran. Lalu debat dilakukan dan dipusatkan pada aspek-aspek itu. Demikianlah debat bergerak dari satu aspek ke aspek berikutnya.
Ketua atau moderator dapat menginterupsi untuk :
1. Menyatakan bahwa pemrasaran dan penyanggah telah sampai pada kesesuaian pendapat walaupun berbeda pengungkapannya;
2. Mengembalikan debat pada aspek yang dibahas;
3. Merangkum pendapat kedua pihak, menujukan persamaan dan perbedaan;
4. Masalah aspek telah terpecahkan.
d. Debat Memecahkan Masalah
Tujuan ini ialah menemukan cara yang tepat untuk memecahkan suatu masalah. Untuk itu kedua team harus berfikir jernih dan jelas, pengkajian masalah secara tuntas dengan mempergunakan pendekatan Ilmiah dalam pengumpulan fakta dan data, kondisi serta alternative-alternatif pemecahan. Hal ini memerlukan kerja sama yang baik, pengerahan pikiran, sikap toleran dan evaluasi tanpa bias. Dengan kata lain perlu kerjasama yang saling memberi dan menerima, bersahabat, kritis dan bersemangat. Pemimpin atau moderator seperti biasa memimpin debat seperti yang dikumukakan pada metode-metode diatas.
e. Debat ala MICHIGAN
Pola debat itu sama, hanya bevariasi dalam membawakannya. Polanya adalah ada team mapemrasaran dan ada team pembahas atau penyanggah. Variasi pada debat ala Michigan ialah:
1. Pemrasaran pertama menyampaikan pendapatnya selama lima menit. Lima menit berikutnya ia jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan penyanggah pertama.
2. Penyanggah pertama yang barusan menanyai itu sekarang berdiri menyampaikan pandangannya selama lima menit. Setelah itu selama lima menit pula ia harus menjawab pertanyaan-pertanyaan pemrasaran kedua.
3. Selanjutnya pemrasaran kedua menyampaikan pandangannya selama lima menit dan lima menit itu pula ia harus menjawab pertanyaan-pertanyaan penyanggah kedua.
4. Penyanggah kedua menyampaikan pandangannya selama lima menit. Lima menit berikutnya ia harus menjawab pertanyaan-pertanyaan pemrasaran pertama. (jika tidak ada lagi pemrasaran berikutnya. Jika masih ada prosedur berulang itu berlangsung sampai selesai).
Ketua atau moderator biasanya membuka kesempatan kepada para peserta debat untuk bertanya, mengeritik, mengomentari pendapat dari kedua team itu. Ketua atau moderator seperti biasa mengatur debat, kalau perlu ia boleh menolak pertanyaan yang kurang relevan. Debat ala Michigan ini biasanya berlangsung selama satu jam. Jika ketua tidak menunjuk team perumus, maka ia sendir yang menyampaikan rumusan yang kemudian ditanggapi hadirin. Disamping itu, seperti biasa, evaluasi dan tindak lanjut ditentukan bersama. (Garlan : 1951 : 354).
Menurut team yayasan Haster (Yayasan Pendidikan Haster:1994) debat terbagi menjadi dua yakni :
- Debat resmi, metode resmi berinteraksi untuk mewakili sebuah diskusi. Debat merupakan bentuk luas dari diskusi yang lebih mengutamakan logika. Debat menekankan kepada reaksi emosi pendengar, dan peraturan yang memungkinkan kedua peserta/pedebat berdiskusi dan memutuskan tentang perbedaan.
- Debat tak resmi, kejadian normal tetapi kualitas dan kedalaman debat meningkat dengan pengetahuan dan keterampilan peserta debat.
- Debat resmi, metode resmi berinteraksi untuk mewakili sebuah diskusi. Debat merupakan bentuk luas dari diskusi yang lebih mengutamakan logika. Debat menekankan kepada reaksi emosi pendengar, dan peraturan yang memungkinkan kedua peserta/pedebat berdiskusi dan memutuskan tentang perbedaan.
- Debat tak resmi, kejadian normal tetapi kualitas dan kedalaman debat meningkat dengan pengetahuan dan keterampilan peserta debat.
3. Forum Debat
Menurut Surjadi (Surjadi : 1989: 50), forum debat yaitu para pembicara yang berlainan pendapat mengenai suatu masalah kontroversial diberi waktu yang sama untuk mengemukakan pendapat dengan alasan-alasannya. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang bebas dan terbuka mengenai masalah/isyu tersebut oleh seluruh hadirin dalam kelompok itu. Tujuan forum debat ialah memperoleh pandangan atau pendapat yang berlainan mengenai suatu isyu kontroversial ikut bereaksi terhadap pandangan tersebut.
Menurut Surjadi (Surjadi : 1989: 50), forum debat yaitu para pembicara yang berlainan pendapat mengenai suatu masalah kontroversial diberi waktu yang sama untuk mengemukakan pendapat dengan alasan-alasannya. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang bebas dan terbuka mengenai masalah/isyu tersebut oleh seluruh hadirin dalam kelompok itu. Tujuan forum debat ialah memperoleh pandangan atau pendapat yang berlainan mengenai suatu isyu kontroversial ikut bereaksi terhadap pandangan tersebut.
4. Strategi Debat
Dalam pelaksanaan pembelajaran debat, strategi yang sering digunakan adalah strategi debat pendapat. Strategi debat pendapat adalah suatu cara dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif berargumen (mengajukan ide-ide, gagasan) dari persoalan yang muncul atau sengaja di munculkan dalam pembelajaran sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Strategi ini merupakan sebuah teknik hebat untuk merangsang diskusi dan mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang berbagai isu yang kompleks (Hamruni, 2009:41). Format tersebut mirip sebuah perdebatan, namun tidak terlalu formal dan berjalan dengan lebih cepat. Strategi ini sangat baik dipakai untuk melibatkan siswa / mahasiswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggaris bawahi atau mungkin mencari titik temu dari argument-argumen yang muncul (Silberman, 2009:103).
Dalam pelaksanaan pembelajaran debat, strategi yang sering digunakan adalah strategi debat pendapat. Strategi debat pendapat adalah suatu cara dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif berargumen (mengajukan ide-ide, gagasan) dari persoalan yang muncul atau sengaja di munculkan dalam pembelajaran sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Strategi ini merupakan sebuah teknik hebat untuk merangsang diskusi dan mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang berbagai isu yang kompleks (Hamruni, 2009:41). Format tersebut mirip sebuah perdebatan, namun tidak terlalu formal dan berjalan dengan lebih cepat. Strategi ini sangat baik dipakai untuk melibatkan siswa / mahasiswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggaris bawahi atau mungkin mencari titik temu dari argument-argumen yang muncul (Silberman, 2009:103).
Strategi ini juga dapat diterapkan jika guru hendak menyajikan topic atau permasalahan yang menimbulkan berbagai pandangan yang berbeda. (Zaini, 2010:36).
Tujuan strategi debat pendapat adalah untuk melatih peserta didik untuk mencari argumentasi yang kuat dalam memecahkan suatu masalah yang actual di masyarakat sesuai dengan posisi yang diperankan.
Langkah-langkah strategi pembelajaran debat pendapat :
a. Pilihlah satu isu-isu atau suatu permasalahan yang mempunyai banyak perspektif.
b. Bagi siswa / mahasiswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan yang telah ditentukan.
c. Minta masing-masing kelompok untuk menyiapkan argument-argument sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili. Dalam aktivitas ini pisahlah tempat duduk masing-masin kelompok.
d. Kumpulkan kembali semua siswa / mahasiswa dengan catatan.
e. Mulai debat dengan mempersilahkan kelompok mana saja yang akan memulai.
f. Setelah salah seorang menyampaikan pendapat, mintalah tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok yang lain perihal isu yang sama.
g. Lanjut proses ini sampai waktu memungkinkan.
h. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggaris bawahi atau mungkin mencari titik temu dari argument-argument yang muncul.
Keunggulan strategi debat pendapat :
a. Mempertajam hasil pembicaraan.
b. Siswa dapat untuk menganalisa masalah di dalam kelompok.
c. Membangkitkan daya tarik untuk turut berbicara; turut berpartisipasi mengeluarkan pendapat.
d. Teknik ini dapat digunakan dalam kelompok besar.
e. Siswa dapat menyampaikan fakta dari kedua sisi masalah, kemudian diteliti fakta mana yang benar /valid dan bisa dipertanggung jawabkan.
Kelemahan Strategi debat pendapat :
a. Keinginan untuk menang terlalu besar, sehingga tidak memperhatikan pendapat orang lain.
b. Kemungkinan di antara anggota bisa mendapatkan kesan yang salah tentang orang yang berdebat.
c. Bisa terjadi terlalu banyak emosi yang terlibat karena sengitnya perdebatan, sehingga debat itu semakin gencar dan ramai.
d. Membatasi partisipasi kelompok, kecuali jika diikuti dengan diskusi.
e. Agar dapat melaksanakan dengan baik maka perlu persiapan teliti sebelumnya.
B. Prinsip Model Pembelajaran Debat
Prinsip-prinsip model pembelajaran debat, yaitu :
- Mengacu pada argument-argumen yang dikemukakan secara logis.
- Identik dengan pro dan kontra.
- Model pembelajaran dengan sintaks disini maksudnya adalah siswa membaca materi untuk dicermati masing-masing kelompok, yang kemudian sajian presentasi hasil bacaan salah satu perwakilan kelompok ditanggapi kelompok lainnya.
- Mengutamakan logika.
C. Kekurangan dan kelebihan dari Model Pembelajaran Debat
Kelebihan dari model pembelajaran debat yaitu :
1. Siswa akan terlatih dan terbisa mengutarakan pendapat/pemikirannya dan mempertahankan pendapatnya dengan alasan-alasan yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan.
2. Dapat meningkatkan daya kritis siswa dalam berpikir.
3. Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyampaikan pendapat di depan orang banyak.
4. Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengetahui pola pikir orang lain yang tidak sesuai dengannya.
5. Dapat menggali ide-ide atau gagasan-gagasan cemerlang dari siswa.
6. Dapat melatih siswa untuk hidup harmonis dengan orang yang berseberangan dengannya.
7. Memantapkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
8. Melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat.
Kebaikan Pembelajaran Model Debat
Model debat baik digunakan jika bertujuan untuk :
a. Melatih siswa untuk berpikir kritis.
b. Melatih siswa untuk menyampaikan pendapat secara baik dan benar.
c. Mencari kebenaran tentang topik yang sedang hangat atau sedang heboh-hebohnya dibicarakan di masyarakat.
d. Melatih siswa memahami alur pikir orang lain yang berseberangan.
e. Melatih untuk menumbuhkan ide atau gagasan baru dari hasil kajian siswa.
Kekurangan dari model pembelajaran debat yaitu :
Pada satu sisi berdebat ada manfaatnya dalam rangka menambah wawasan atau menguji ketajaman berpikir dari siswa. Akan tetapi, ada juga kekurangannya, dimana kekurangannya itu meliputi:
a. Bahan dari topik yang dibicarakan kurang lengkap.
b. Masalah yang diperdebatkan bisa lari dari topik yang dibahas.
c. Perselisihan pendapat sering tidak berkesudahan.
d. Dalam berbicara didominasi oleh beberapa orang saja.
e. Tumbuhnya sikap egoisme dari siswa.
f. Sulit untuk mengambil kesimpulan dari hasil pembelajaran.
D. Langkah-langkah model pembelajaran Debat
Langkah-langkah penerapan model pembalajaran ini yaitu :
1. Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok, yang satu kelompok pro dan yang lainnya kontra. Siswa duduk saling berhadapan antara yang pro dan kontra (susun meja dan kursi seperti untuk rapat).
2. Guru menyampaikan tugas membaca materi yang di debatkan.
3. Setelah selesai membaca, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara menyampaikan pendapatnya, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Hal ini dilakukan berulang-ulang dengan anggota kelompok yang lainya, sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Diwaktu peserta didik menyampaikan gagasannya atau pendapatnya, maka peserta didik menulis inti/ide-ide dari setiap pendapat sampai mendapat sejumlah ide yang diharapkan.
5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
6. Dari ide-ide yang telah disampaikan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang diinginkan.
Baca Juga: Macam-macam Model Pembelajaran Kooperatif Serta Penjelasannya
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat ditempuh dalam model pembelajaran ini misalnya sebagai berikut :
1. Pembacaan informasi/masalah yang akan diperdebatkan.
2. Menyuruh kelompok kontra untuk menanggapi informasi tersebut, tentunya dalam bentuk sanggahan.
3. Menyuruh kelompok pro untuk menanggapi pernyataan dari kelompok kontra.
4. Kelompok kontra kembali menyanggah untuk mempertahankan pendapat mereka, dan kelompok pro pun mempertahankan pendapat mereka dengan berbagai argumen yang dimiliki.
5. Setelah dirasa cukup, kelompok diadakan pergantian yaitu kelompok pro diubah menjadi kelompok kontra, dan sebaliknya.
6. Pembacaan masalah lain yang harus ditanggapi oleh tiap kelompok dan seterusnya.
7. Setelah kegiatan debat selesai siswa diminta menanggapi dan mengevaluasi cara penyampaian pendapat yang diberikan oleh siswa dalam kegiatan debat tersebut.
8. Guru yang bertindak sebagai pembimbing di sini juga memberikan evaluasi terhadap kegiatan dan cara mengemukan pendapat siswa dalam kegiatan debat.
1. Pembacaan informasi/masalah yang akan diperdebatkan.
2. Menyuruh kelompok kontra untuk menanggapi informasi tersebut, tentunya dalam bentuk sanggahan.
3. Menyuruh kelompok pro untuk menanggapi pernyataan dari kelompok kontra.
4. Kelompok kontra kembali menyanggah untuk mempertahankan pendapat mereka, dan kelompok pro pun mempertahankan pendapat mereka dengan berbagai argumen yang dimiliki.
5. Setelah dirasa cukup, kelompok diadakan pergantian yaitu kelompok pro diubah menjadi kelompok kontra, dan sebaliknya.
6. Pembacaan masalah lain yang harus ditanggapi oleh tiap kelompok dan seterusnya.
7. Setelah kegiatan debat selesai siswa diminta menanggapi dan mengevaluasi cara penyampaian pendapat yang diberikan oleh siswa dalam kegiatan debat tersebut.
8. Guru yang bertindak sebagai pembimbing di sini juga memberikan evaluasi terhadap kegiatan dan cara mengemukan pendapat siswa dalam kegiatan debat.
Dalam pembelajaran berbicara dengan model debat lebih menarik jika pembimbing mampu menguasai emosi peserta. Dengan pembimbing mengguasai emosi peserta dia akan mudah membuat debat tersebut menjadi sangat menarik, menyenangkan, dan ramai. Selain itu dia juga dapat dengan mudah merangsang siswa untuk berpikir kritis dan spontan yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengungkapan secara lisan yang secara langsung merangsang kemampuan berbicara anak. Dengan sering diadakanya kegiatan ini siswa akan menjadi terbiasa untuk berbicara secara terstuktur dan terkonsep dengan baik.
loading...
ConversionConversion EmoticonEmoticon