Breaking!
Loading...

Mengatasi Windows 7 yang lemot

loading...
 

Keberadaan Windows dari microsoft memang menjadi sesuatu yang penting, khususnya bagi para mahasiswa dan para pekerja kantoran, umumnya untuk pengguna komputer. Kadang komputer atau laptop yang lemot sangat mengganggu utamanya saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya. 

Pada postingan kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi tips mempercepat performa Windows 7 yang lambat. Yang akan saya bahas kali ini bukanlah tentang meng-upgrade hardware, karena itu membutuhkan biaya. Jadi jangan dulu kamu bawa komputer atau laptopmu ke tukang komputer ya kerabat. Berikut beberapa cara mempercepat loading Windows 7. Check this out!

1. Disable/non-aktifkan service Windows yang tidak perlu;
Cara yang pertama adalah Disable/non-aktifkan service Windows yang tidak perlu seperti Autoplay/autorun. Autoplay atau autorun ini merupakan salah satu fitur bawaan yang ada di windows yang fungsinya adalah untuk membuka file yang berada di media data seperti (CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk,dll) secara otomatis. Ada beberapa kelemahan jika kita mengaktifkan fitur Autorun Windows ini, yaitu:

a. Jika CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk mengandung virus maka virus dapat dengan mudah menyerang komputer anda melalui fitur autorun windows 7
b. Windows 7 akan mengalokasikan memori untuk fitur autoplay, sehingga bisa menguras memori komputer.

Berikut ini adalah metode yang bisa digunakan untuk mematikan/disable autoplay windows 7
1) Di start menu, pilih Control panel
 

2) Pilih hardware and sound
3) Pilih Autoplay
 

4) Lepaskan atau hilangkan tanda centang pada "Use Autoplay for all media devices"
 

 

Jika setting autorun/autoplay berhasil, maka saat memasukkan sebuah CD ke dalam CD Player , CD tersebut tidak akan memutar atau berjalan secara otomatis. Itu artinya kamu harus memencet tombol play secara manual.

2. Uninstal Tablet PC component di windows 7

Windows 7 menyediakan fitur PC tablet component, fitur ini hanya akan berfungsi jika jenis komputer yang anda gunakan adalah tipe PC tablet. Jika anda hanya menggunakan PC (desktop) atau notebook, lebih baik anda menonaktifkan atau mematikan service tablet PC atau uninstal tablet pc component. Tujuan dari di nonaktifkannya service ini adalah agar windows tidak memberikan alokasi memory pada service tersebut yang tidak anda digunakan sehingga bisa lebih menghemat memory komputer. Sehingga loading pun menjadi lebih ringan.

Untuk uninstal atau menghapus tablet PC di windows 7 bisa lakukan cara berikut:
1) Pada start menu, pilih Control Panel

 

2) Selajutnya pilih Programs


3) Kemudian pilih opsi -> Turn windows feature on or off

 

4) Lepaskan atau hilangkan tanda centang pada Tablet PC components Klik OK

 

5) Tunggu hingga proses uninstall selesai

 

Dengan mematikan services yang tidak dibutuhkan tentunya akan membantumeningkatkan kinerja Windows pada komputer.

3. Menonaktifkan automatic update di windows 7
Automatic update merupakan sebuah fitur bawaan yang tersedia di windows yang fungsinya adalah untuk membantu pengguna windows dalam mengupdate versi secara online windows yang telah terinstal di komputer pengguna. Jika anda tidak mempunyai koneksi internet atau anda miskin dan tidak ingin mengupdate windows 7 anda secara online, maka fitur ini bisa dinonaktifkan (disable automatic update).

Berikut ini cara mematikan atau menonaktifkan automatic update di Windows 7:

1) Di start menu pilih Control Panel

 

2) Pilih System and Security

 

3) Pilih Windows Update

 

4) Pilih never check for updates (not recommended)
Hilangkan centang pada:
a. Give me recommended updates the same way blablablabla
b. I allow all user blablablabla

5) Klik OK.

Berikutnya silahkan dilanjut kerabat, ke part 2. Sokin!
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment