Breaking!
Loading...

Daftar Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

loading...

Assalamualaikum kerabat. Memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang tinggi? Semua orang pastilah mendambakan hal tersebut tanpa terkecuali masyarakat di Negara kita Indonesia. Tinggi atau rendahnya gaji seseorang umumnya ditentukan oleh jenis profesi yang dijalani dan berapa jumlah pengalaman yang dimilki. Di Indonesia terdapat 10 macam jenis profesi yang mempunyai rata-rata gaji tertinggi, berikut ini kami urutkan daftar untuk profesi dari terendah sampai dengan gaji tertinggi.

1. Ahli Teknik Informatika

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi di Indonesia maka akan semakin dibutuhkan tenaga ahli yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Gaji rata-rata seorang software engineer dan system administrator di Indonesia adalah Rp. 15.000.000 bulan dan dengan syarat pengalaman kerja yang sudah lebih dari 2 tahun.

2. Ahli Pertambangan

Hampir serupa dengan para ahli perminyakan, ahli pertambangan juga menjanjikan nilai gaji selangit kepada para pegawainya. Ahli geologi yang bekerja di lokasi pertambangan dapat memiliki gaji sebesar Rp. 30.000.000 per bulan. Hal tersebut terbilang wajar karena menjadi seorang ahli geologi yang cakap dan andal di bidangnya membutuhkan pengalaman dan pendidikan yang cukup lama.

3. Pilot Pesawat Komersial

Menjadi seorang pilot memang tidaklah mudah. Sekolah khusus penerbangan yang terbilang mahal dan tuntutan jam terbang yang tinggi yang membuat seorang pilot pesawat komersial bergaji tinggi. Maskapai penerbangan Lion Air bisa menggaji pilotnya dengan rata-rata Rp. 45.000.0000 per bulan. Direktur Utama PT. Lion Mentari Airlines mengatakan perusahaannya tak membedakan besaran gaji antara pilot lokal dengan pilot asing. Sementara pihak manajemen maskapai penerbangan Garuda, sesumbar bahwa mereka menggaji pilot lokal mereka lebih dari Rp. 70.000.000 per bulan dan dalam periode setahun mereka bisa mendapat 15,5 kali gaji.

4. Anggota DPR

Di Negara Indonesia gaji seorang anggota DPR bisa dibilang cukup tinggi, bahkan menduduki peringkat ke-4 yang terbesar di dunia. Seorang anggota DPR mempunyai gaji pokok sebesar Rp. 15.000.000 yang kemudian masih ditambah lagi berbagai tunjangan sehingga total gaji mereka bisa mencapai Rp. 46.000.000 per bulan atau Rp. 554.000.000 per tahunnya. Sebuah nilai gaji yang sangat fantastis untuk orang-orang yang hanya duduk di ruang ber-AC mewakili suara rakyat Indonesia.

5. Dokter Spesialis

Besaran nilai gaji seorang dokter spesialis yang ada di Indonesia memang tidak memiliki standar yang sama apalagi kalau membandingkan dokter spesialis yang praktik di rumah sakit pemerintah dengan mereka yang bekerja di rumah sakit swasta. Dokter spesialis yang bekerja di RS pemerintah rata-rata cuma mendapatkan Rp. 10.000.000 per bulan dan ini sudah termasuk gaji pokok, insentif, dan jasa kunjungan pasien. Berbeda dengan dokter spesialis yang bekerja di RS swasta yang bisa mencapai gaji minimal sebesar Rp. 50.000.0000 per bulannya.

6. Manajer Pemasaran

Menjadi seorang manajer pemasaran merupakan sebuah profesi yang penting, mengapa? Sebab manajer pemasaran memiliki tanggung jawab untuk mengelola sistem pemasaran yang meliputi strategi dan analisis pasar. Untuk itu berdasarkan survei rata-rata seorang manajer pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp. 60.000.000 per bulan.

7. Ahli Konstruksi

Tenaga ahli konstruksi juga menjanjikan gaji yang tinggi. Ahli konstruksi dengan pendidikan S1 dan fresh graduate tanpa pengalaman bisa mendapat gaji sebesar Rp. 20.000.000, sedangkan untuk seorang ahli konstruksi dengan latar belakang pendidikan S3 yang memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun bisa menerima gaji mencapai lebih dari Rp. 60.000.000 per bulan khusus di provinsi DKI Jakarta berdasarkan pada surat edaran dari Menteri Pekerjaan Umum Indonesia bulan Maret 2013.

8. Human Resources Manager

Bedasarkan survei yang dilakukan oleh Kelly Services, Inc. pada rentang tahun 2012-2013, gaji seorang manajer HRD (Human ResourcesDepartment) yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun bisa mencapai maksimal Rp. 75.000.000 per bulan. Tentu hal tersebut sebanding dengan beban kerjan yang diemban, karena tugasnya mengepalai sebuah departemen yang fungsi dan tujuannya merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia terbaik dalam rangka kelangsungan perusahaan.


9. Ahli Teknik Perminyakan

Bukan rahasia lagi bahwa gaji para staf di perusahaan minyak Negara memiliki rata-rata gaji yang cukup tinggi di Indonesia, sehingga banyak orang memimpikan untuk dapat bekerja di perusahaan minyak. PT. Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional memberi gaji rata-rata untuk fresh graduate minimal sebesar Rp. 7.000.000 per bulan. Sementara untuk karyawan senior level gaji yang didapat bisa mencapai hingga Rp. 150.000.000 per bulannya. Di Negara Indonesia seorang ahli perminyakan termasuk yang memiliki gaji paling kecil kalau dibandingkan dengan negara tetangga antara lain seperti Malaysia, yang membayar gaji para ahli perminyakan mereka hingga mencapai Rp. 500.000.000, wow.

10.  Chief Executive Officer

Chief Executive Officer adalah jabatan paling tinggi dalam struktur pejabat korporat (eksekutif) dan posisi ini pada umumnya ditunjuk oleh dewan direksi suatu perusahaan. Seorang CEO di Indonesia rata-rata bisa mendapat gaji sebesar Rp. 1.000.000.000 per tahunnya. Meski begitu gaji CEO di Indonesia termasuk yang paling kecil kalau dibandingkan dengan CEO dari perusahaan asing.

Well kerabat, apakah tujuan sebenarnya kita bekerja? Menjadi kaya atau sekedar memenuhi kebutuhan hidup? Terserah apa tujuan kamu, tapi tanggung jawab terhadap pekerjaan di atas segalanya. Menopang ibadah dengan pengahasilan kerja juga perlu dipertimbangkan. Sekian artikel tentang daftar gaji tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat, wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment