Breaking!
Loading...

Rangkuman Pengertian dan Aspek Hakikat Manusia

loading...

Assalamualaikum kerabat. Kini kita sampai pada rangkuman mengenai Pengertian dan Aspek Hakikat Manusia. Permasalahan hakika manusia merupakan objek studi salah satu cabang metafisika, yaitu antropologi (filsafat antropologi). Hakikat manusia ialah seperangkat konsep atau gagasan yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia di dunia. Pengertian hakikat manusia berkaitan dengan prinsip adanya (principe de'etre) manusia. 
Aspek-aspek hakikat manusia, meliputi asal-usul, struktur metafisik, karakteristik dan makna keberadaannya di dunia. Manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa, atas dasar keimanan hal ini jelas kita akui dan kita pahami; dalam filsafat hal ini didukung oleh argumen kosmologi, sedangkan secara faktual terbukti dengan adanya fenomena kemakhlukan yang dialami manusia.

Manusia adalah kesatuan badani-rohani, hidup dalam ruang dan waktu, sadar akan diri dan lingkungannya, mempunyai berbagai kebutuhan, insting, nafsu, dan tujuan hidup. Manusia memiliki berbagai potensi, yaitu potensi untuk mampu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbuat baik, cipta, rasa, karsa dan karya. Dalam eksisitensinya manusia memiliki berbagai aspek kehidupan individualitas, sosialitas, kultural, moralitas, dan relgius. Semua itu, mengimplikasikan interaksi atau komunikasi, historitas, dan dinamika. 
Demikian pemaparan menganai Hakikat Manusia. Banyaknya fenomena-fenomena menyimpang pada dewasa ini, menurut saya dikarenakan manusia telah keluar dari hakikatnya. Maka jelas di sini bahwa saya sengaja membagikan tulisan mengenai Hakikat Manusia dengan tujuan mengembalikan manusia kepada hakikatnya. Semoga dengan begitu, terlahirlah kembali kita sebagai manusia yang mengenali hakikat-hakikatnya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya, semoga bermanfaat dan wassalam.

Sebelumnya: Manusia sebagai Makhluk beragama                Kembali ke: Pengertian Hakikat Manusia
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment