Breaking!
Loading...

Cara Meraih Sukses

loading...

Sukses adalah pilihan
Assalamualaikum kerabat. Cara Meraih Sukses. Kesuksesan bukanlah milik orang-orang beruntung saja. Maka bersungguh-sungguhlah kamu , niscaya kamu akan mendapatkan kesuksesan dengan segera seperti apa yang kamu cita-citakan. Begitulah sekiranya petunjuk baku yang sudah kita kenal sejak lama.

Kesuksesan adalah harapan bagi semua orang. Hampir setiap orang di dunia ini berbuat sesuatu demi mencapai kesuksesan. Bahkan terkadang seseorang akan melakukan apa saja dan mengorbankan apapun demi meraih  kesuksesan yang diidamkan.  Setiap individu punya keinginan dan cita-cita. Keinginan itu tumbuh sejalan dengan pergaulan, pendidikan dan interaksinya dengan lingkungan.

Pada perkembangannya, sebagian orang mampu mewujudkan berbagai harapan dan keinginannya. Sementara sebagian lain tak mampu dan hanya menjadikan keinginan tersebut sebagai khayalan belaka. Sukses adalah saat dimana kita mampu mewujudkan apa yang kita inginkan. Ketika seseorang bercita-cita menjadi dosen dan dia dapat mewujudkannya, itulah yang disebut dengan kesuksesan.

Kriteria sukses bagi tiap orang berbeda, tergantung pada keinginan dan cita-cita masing-masing. Seseorang yang sudah mencapai sesuatu bisa jadi dianggap belum meraih apa-apa oleh orang lain. Perbedaan pandangan ini merupakan sebuah kewajaran, karena hal tersebut bersumber dari kriteria kesuksesan masing-masing individu.

Masalahnya kini, orang-orang ingin melihat kita mencapai kesuksesan sebagaimana orang lain mendapatkannya. Menuntut kita menjadi orang lain yang sebenarnya tak sesuai dengan kemauan dan impian kita. Akibatnya bisa kita saksikan sendiri, banyak pegawai mengeluh pada pekerjaan mereka. Bukan bahagia yang dirasakan, tapi malah menambah beban bagi diri sendiri.

Orangtua misalnya, mereka seringkali menggambarkan bentuk kesuksesan anak-anaknya menurut sudut pandang mereka sebagai orangtua. Sehingga terkadang terlalu memaksakan kehendaknya pada anak-anak mereka. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah si anak akan menuruti kemauan orangtuanya tapi dengan kondisi hati yang terpaksa. Tetapi tetap saja, diri kita sendirilah yang tahu dengan baik kondisi diri kita sendiri, maka kita sendirilah yang bisa menggambarkan kesuksesan versi kita.

Karena setiap orang memiliki pengertian kesuseksan menurut versi masing-masing, setiap individu perlu mendefinisikan tentang kesuksesan menurut dirinya sendiri. Jika memungkinkan, kita bisa mendiskusikannya dengan teman atau pasangan sekalipun. Uniknya manusia diberi pilihan, apakah ia ingin sukses atau tidak. Jika ingin sukses maka kuncinya adalah kerja keras, sebaliknya, kalau tidak ingin sukses biarlah hidup kita diselimuti kemalasan.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Apakah untuk mencapai kesuksesan membutuhkan kerja keras? Bukankah ada istilah yang menyebutkan kerja cerdas? Lantas apa yang membedakan kedua hal tersebut? Kerja cerdas, adalah sebuah indikasi bahwa seseorang harus mampu memaksimalkan semua potensi yang ada pada dirinya. Sehhiingga mampu menghasilkan produktivtas yang tinggi dalam bekerja.

Kerja cerdas bukanlah kebalikan dari kerja keras. Kerja cerdas tetap membutuhkan kerja keras dengan besaran jumlah (melakukan) yang seimbang. Sehingga produktivitas yang dihasilkan terus meningkat. Kerja cerdas bukan berarti mendapatkan kesuksesan dengan berleha-leha. Kerja cerdas adalah berpikir kreatif dan inovatif, agar kerja keras yang kita lakukan membuat produktivitas dalam bekerja bertambah.

Coba tanyakan pada siapa saja yang kita anggap sukses disekitar kita, saya yakin sekali tidak ada yang menggapai kesuksesan dengan mudah. Bahwa manusia tumbuh melalui proses serta upaya-upaya adalah contoh sederhana yang bisa kita jadikan pelajaran. Semuanya harus dilalui dengan kerja keras, kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi rintangan-rintangan yang sangat mungkin dialami dalam usaha kita menuju kesuksesan.

Tidak ada kesuksesan dalam berbagai profesi apapun di dunia ini yang tidak mengandalkan kerja keras. Karena itulah pilihan pada akhirnya jatuh pada diri kita sendiri. Apakah kita ingin sukses dan itu artinya bekerja keras, atau mau standar-standar saja. Mari renungkan kembali seberapa besar kesuksesan yang kita raih akan berdampak positif pada kesenangan dan ketenangan diri kita. Jika bekerja hanya dengan nafsu ingin kaya, maka semuanya akan tetap terasa hampa. Sekian artikel tentang Cara Meraih Sukses, semoga bermanfaat. Wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment