Breaking!
Loading...

Cara Membersihkan Hati dan Pikiran

loading...

Assalamualaikum kerabat.  Cara Membersihkan Hati dan Pikiran. Salah satu kelebihan yang diberikan Allah pada manusia, yang membedakan dirinya dengan makhluk lain adalah kemampuan untuk berpikir. Dengan akalnya manusia mampu membedakan mana yang buruk dan mana yang benar. Manusia mampu menggerakan badannya untuk bergerak kemanapun dia ingin bergerak.

Dengan akal juga manusia membedakan dirinya dengan hewan. Walaupun demikian manusia memiliki kesamaan dengan hewan dalam hal nalurinya. Tak jarang manusia disebut sebagai hewan yang berakal atau hewan yang mampu berpikir. Naluri yang mirip hewan inilah yang biasa disebut dengan hawa nafsu. Dan kehidupan manusia di dunia ini selalu dipenuhi dengan perang antara akal dan hawa nafsu.

Akal adalah alat yang dapat menentukan seseorang  baik atau buruk. Pada teorinya, manusia dituntut mendahulukan pengguanaan akal dibanding nafsunya. Pertimbangan yang dilakukan dengan akal dapat menjauhkan manusia dari nafsu hewan yang sudah ada pada dirinya. Namun pada banyak kasus, saat ini kian mewabah sosok manusia setengah hewan di sekitar kita.

Pertarungan akal dan hawa nafsu terus terjadi disepanjang kehidupan manusia. Inilah yang menyebabkan manusia dapat meningkat derajatnya jika mampu mengendalikan nafsunya, pun demikian sebaliknya, jika nafsu sudah mengalahkan akal maka yang terjadi kemudian adalah perilaku menjadi buruk bahkan cenderung menyimpang.

Ada kemungkinan bahwa hawa nafsu adalah wujud setan sesungguhnya. Dimana di dalam Al-qur’an tidak terdapat gambaran yang jelas tentang bagaimana bentuk dan wujud setan. Setan hanya digambarkan oleh Allah sebagai sesuatu yang mengalir di dalam aliran darah manusia. Maha besar Allah! Hanya Allah yang maha tahu tentang segala yang ghaib.

Hidup manusia adalah perjuangan melawan hawa nafsu, pertarungan tersebut akan terjadi sepanjang hidup manusia. Manusia tidak boleh lengah akan nafsu yang tiap detik menggodanya. Boleh jadi hari ini manusia akan menang lawan hawa nafsunya, tapi sedikit saja manusia lengah bisa jadi ia akan khilaf dan terjerumus keesokan harinya.

Perlu ada perbaikan terus-menerus pada hati dan pikiran kita. Untuk dapat bertarung melawan hawa nafsunya, manusia harus mulai mengupayakan kebersihan hati dan pikirannya. Manusia mesti mampu membersihkan hati dan pikiran mereka dari berbagai sifat dan pikiran negative tentang orang dan lingkungan sekitarnya.  Sehingga apa yang kita lakukan juga menjadi bersih.

Hati dan pikiran yang bersih adalah modal awal untuk meningkatkan produktivitas seorang manusia. Energi positif tersebut tidak hanya terasa pada diri sendiri melainkan menyebar ke orang-orang dan lingkungan sekitar.  Energi positif yang menyelimuti kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya itu akan berdampak pada meningkatnya produktivitas.

Agama Islam mengajarkan pentingnya sebuah niat sebelum melakukan sesuatu, niat yang baik dan bersih tentunya. Islam adalah rahmat untuk semesta alam. Islam, lewat ibadah-ibadahnya, seperti shalat, dzikir, puasa dan ibadah-ibadah sunah lainnya, mengantarkan manusia pada kebersihan dan kesucian hati juga pikiran. Dengan rajin mengingat Allah, maka ketenangan akan selalu tertanam pada hati dan pikiran manusia.

Cara membersihkan hati dan pikiran sama dengan cara membersihkan virus-virus di komputer. Kinerja yang melamban pada komputer dikarenakan virus menjangkiti sistemnya. Demikian juga manusia, produktivitas akan menurun dengan kotornya hati dan pikiran mereka. Dengan berwudhu, pikiran akan segar dan terang. Semakin banyak berwudhu hati dan pikiran semakin bersih dan terang.

Well, itulah cara membersihkan hati dan pikiran menurut ajaran Islam. Dengan bersihnya hati dan pikiran, akan membawa manusia pada niat dan semangat hidup yang bersih pula. Dengan demikian, apa yang akan dihasilkan dari niat yang bersih akan menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat. Sekian artikel  Cara Membersihkan Hati dan Pikiran kali ini, semoga bermanfaat. Wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment