Breaking!
Loading...

Bayi dengan 12 Jari Tangan dan 12 Jari Kaki

loading...

Seorang bayi laki-laki telah terlahir dengan 12 jari tangan dan 12 jari kaki. Orang tua bayi tersebut, Rachael Hendry dan John Duffy mengatakan tak pernah menyangka karena bayi mereka terlihat sangat sehat sejak dalam kandungan. Dokter yang menangani pun bingung dengan kondisi bayi bernama Jacob Duffy itu.

“Kehamilan saya benar-benar normal, tapi ketika menghitung jarinya, kami melihat ada sesuatu yang salah,” kata Hendry. Jacob memiliki jari tambahan pada jempolnya di tangan kiri. Kondisi ini disebut triphalangeal, yaitu memiliki sendi tambahan. Sementara itu pada tangan kanannya, terdapat jari tambahan di samping jari kelingkingnya yang menyebabkan dia memiliki 6 jari di tangan kanannya. Begitu pula pada jari kaki di kiri dan kanannya.

Dokter bisa saja melakukan operasi terhadap jari Jacob. Namun, tim dokter menunggu sampai Jacob berusia 12 tahun, yaitu bayi sudah tahan dengan obat bius atau anestesi. Jika tidak diatasi, jari ekstra tersebut dapat memengaruhi cara berjalan Jacob. Selain memiliki jari tambahan, Jacob kemudian diketahui memiliki kelainan di mana jantungnya berlubang dan memiliki masalah pada penglihatannya. Jacob juga alergi terhadap susu sehingga sulit untuk makan.

Hingga saat ini, dokter belum berhasil mengungkap penyebabnya dan mendiagnosis keseluruhan penyakit yang diderita bayi mungil itu. Mereka berharap lubang di jantungnya akan menutup sendiri sehingga tak perlu tindakan operasi. Menurut dokter, banyak kasus jantung berlubang  dan sering kali tidak disadari karena lubang akan menutup sendiri.

Kali ini yang lebih dikhawatirkan adalah mata Jacob. Jacob menderita koloboma, yaitu kelainan pada struktur matanya. Salah satu bola matanya terlihat lebih kecil. Dokter yang menangani kasus bayi Jacob ini mengaku kesulitan melihat tingkat keparahan dari mata Jacob karena ia masih bayi dan belum bisa bicara. Orangtua bayi malang tersebut pun saat ini ingin fokus membuat Jacob tumbuh seperti bayi lainnya.

Mereka ingin membuat sebuah ruang sensorik untuk Jacob agar bisa bermain seperti anak lainnya meskipun ia memiliki penglihatan yang terganggu. Penggalangan dana untuk membantu bayi Jacob juga telah dilakukan.

(Kredit; Maharani/Kompas Health. Sumber: Daily Mail)



loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment