Breaking!
Loading...

Bagian Bumi yang Tidak Berpenghuni

loading...
Assalamualaikum sob, kamu bosan tinggal di lingkunganmu yang sering membuatmu bertindak di luar kesukaanmu? Ada tempat dimana kamu bisa bersembunyi dan menyendiri hihi.


Di Gurun Atacama di Cile utara, sepertinya tidak akan ada makhluk yang bisa bertahan hidup. Bagaimana tidak? Ini merupakan salah satu tempat yang paling kering di permukaan Bumi. 

Pada salah satu bagiannya bahkan sudah tidak pernah terjadi hujan dalam 50 tahun. Tidak setetes pun hujan turun di sana.

Seorang penyair bernama Alonso de Ercille, pada tahun 1569 menulis, "Menuju ke sana ke Atacama ... tanah tanpa penghuni tanpa kehidupan tanpa manusia, tanpa burung, tanpa binatang buas, tanpa pohon, tanpa tumbuhan." 

Apakah memang tidak ada kehidupan sama sekali? Ternyata ada. Para ilmuwan yang meneliti tempat tersebut telah menemukan mikroorganisme atau jasad renik yang disebut endoliths yang menempel pada rongga-rongga batu. Mereka bisa hidup karena pada rongga-rongga terdapat air. 

Jocelyne DiRuggiero, ahli mikrobiologi dari Universitas John Hopkins mengatakan, "Jasad renik tersebut mendukung kehidupan pada komunitas organisme yang hidup dengan memakan hasil sampingan dari proses metabolisme mereka,"

Kehidupan selalu punya cara tersendiri untuk bisa bertahan. Mikroorganisme telah ada di Bumi sejak empat miliar tahun yang lalu. Tak mengherankan jika mereka ditemukan di tempat-tempat yang paling ekstrem sekali pun. 

Tapi kemudian pertanyaannya, apakah ada tempat-tempat di Bumi ini yang steril dari kehidupan? 
Ketika kita berbicara soal tempat-tempat yang steril dari kehidupan, biasanya tempat tersebut mengacu pada situasi dan kondisi tempat yang terbilang ekstrem, misalnya sangat panas dan tekanan udara yang tinggi atau situasi khusus karena ada radiasi. Sehingga makhluk hidup akan mati dalam lingkungan yang sangat panas. 

Bagaimana sob? Kamu tertarik untuk hijrah ke sana. Kalau saya mau sembunyi di aquarium aja ah, adeeeem hehe. Wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment