Breaking!
Loading...

Charge Handphone Tanpa Listrik

loading...
Assalamualaikum, selamat pagi kerabat. Baru pada bangun nih ya? hehe. Biasanya barang pertama yang dicari sesaat setelah bangun tidur adalah handphone haha. Emang bener, bagi sebagian orang handphone sekarang bagaikan nyawa kedua, tapi kesel gak sih? kalo handphone yang lagi kita pakai buat game atau berselancar di internet tiba-tiba lowbat dan bt-nya lagi listrik sedang padam tuh sob. Ergghhhh sakitnya tuh dimari, sob. Tapi, gak usah panik sob, saya mau berbagi tips tentang Charge Handphone Tanpa Listrik. Loh, emangnya bisa? Ya sangatlah bisa sob, bahkan kita bisa charge hp dengan panas tubuh kita tuh sob. Penasaran? Nyook, kita intip!

1. charge hp dengan aki motor.
Sebelum membuat charger dari aki, ada beberapa hal yang perlu kita pahami dulu sob. Handphone butuh tegangan untuk menghidupkan perangkatnya, pada umumnya tegangan yang diperlukan adalah 3.7 volt. Sedangkan tegangan aki adalah 12 volt. Maka diperlukan sebuah rangkaian stabilisator atau regulator tegangan yang akan menurunkan tegangan (stepdown) dari 12volt ke tegangan yang setidaknya mendekati standar batrei hp yakni sekitar 3.7volt.









Alat yang diperlukan:
1) Kabel secukupnya.
2) IC 7805 .
3) Elko 470uf 16v
4) Kabel konektor ke hp.
5) USB bekas.
6) Solder, tenol, avoneter.









Cara membuat:
1) Langkah pertama ambil ic 7805, solder kabel input ke kaki kanan untuk (+) dari aki. Kemudian solder kabel input kaki tengah untuk (-) dari bagian aki. Untuk kaki kiri adalah output (+). Apabila kaki kanan diberi tegangan 12v atau lebih maka kaki kiri akan menjadi 5 volt.
2) Tambahkan elko 470uf 16v pada output sebelum ke hp. (Lihat gambar) Tapi jangan terbalik polaritasnya. Bila terbalik maka elko akan meledak.
3) Solder kabel konektor ke hp. Ingat jangan sampai terbalik. Untuk Nokia biasanya tap tengah atau iner pada kabel jack adalah (+) dan yang di luar adalah (-). Atau bisa ditandai pada kabel warna hitam / coklat (-) dan warna merah / biru (+)











kalo kamu punya kabel charger untuk usb kamu bisa pakai usb bekas charger hp china. Karena ini lebih praktis, apabila tidak dipakai maka bisa dicabut. Caranya silakan lihat gambar pada usb ada 4 kaki. Kaki yg kanan adalah (+) sedang kaki kiri adalah (-), 2 kaki di tengah tidak dipakai. Awas jangan terbalik.












CATATAN :
- untuk meredam panas Ic 7805 hendaknya ditempelkan di bodi motor dengan baut.
- Gunakan saklar untuk memutus tegangan dari aki bila tidak digunakan.
- Penempatan rangkaian silahkan dikreasikan sendiri.

Selain itu, ada cara charge hp dengan batre nih sob,

2. Charger handphone dengan batre abc.

Bahan yang dibutuhkan:
1). 4 buah Baterai AA, disini saya menggunakan batre AA merk ABC (cinta produk indonesia).

2) Dudukan batre AA, jika anda tidak memilikinya Anda bisa mengambilnya dari mainan bekas atau remot tv yang sudah rusak.

3) Socket charger/colokan dari charger ke hp. Tipe colokan berbeda-beda, gunakan yang pas untuk handphone kamu. Ini bisa kamu dapatkan dari charge hp bekas.


4) Solder atau selotip.

Cara merakit:

1) Masukan 4 batre AA ke dalam dudukan batre.

2) Hubungkan/sambung kabel dari dudukan batre ke dalam colokan charge.

3) Solder dan tutup dengan selotip sambungan tadi sampai tertutup rapat.

Kalo kedua cara di atas agak ribet, ini ada video tutorial charge hp dengan listrik atau panas yang ada di tubuh kita sendiri. Caranya sangat sederhana, kita hanya butuh menyediakan sebuah kabel USB, dua koin logam seperti uang koin seribu, satu buah paperclip, dan selembar kertas. Untuk melihat cara perakitannya dan melihat hasilnya anda bisa lihat video di bawah. Check it out!


Kalo cara teman saya sih ngechargenya pake panas cahaya matahari. Doi jemur tuh batre handphonenya ditengah terik matahari, tapi kata beliau jangan lama-lama jemurnya cukup 1 sampe 2 jam aja. Kalo kelamaan bukannya ngisi daya malah kembung batrenya hehe.

Nah, denger-denger juga para pakar ilmuwan sedang mengembangkan riset mencharge hp dengan air seni, wooooooow! Jangan makan pete deh kalo gitu hahaha. Kita tunggu aja nanti terobosan-terobosan lainnya tentang cara charge handphone, sekian. Wassalam.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment