Breaking!
Loading...

Mengenal Sarinah

loading...

Assalamualaikum kerabat, apa yang terlintas di benak kita saat kita mendengar kata “sarinah”? Ya, sarinah adalah nama sebuah pusat perbelanjaan. Pusat  perbelanjaan modern yang pertama di Indonesia yang lokasinya berada di Jalan Thamrin. Pusat perbelanjaan sarinah ini diresmikan oleh presiden Soekarno pada 15 Agustus 1966, telat satu tahun dari keinginan Soekarno untuk meresmikannya pada Hari Ibu, 22 Desember 1965. Kondisi tersebut tidak memungkinkan mengingat situasi panas perpolitikan Indonesia kala itu.

Sarinah mulai dibangun sejak tahun 1963. Pada saat awal peletakan batu pertama yang menuai kritik dari berbagai pihak, Soekarno mengatakan, "Janganlah ada satu manusia pun yang mengira dan mengatakan bahwa Sarinah adalah proyek lux. Sama sekali tidak". Hal ini menegaskan keinginan Soekarno untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan yang baik bagi rakyat jelata dengan menyediakan barang-barang dengan harga yang murah namun bermutu bagus. 

Lantas, mengapa Soekarno mendirikan sebuah pusat perbelanjaan yang diberi nama sarinah? Pada tau gak tuh sob? Begini alasannya sob. Sarinah dibangun oleh Soekarno atas kecintaannya pada sosok perempuan yang mengasuhnya sejak kecil dan mengajarkannya tentang cinta kasih bernama Sarinah. Mbok Sarinah, begitu panggilan Soekarno pada perempuan yang membantu ibu bapaknya mengasuhnya sejak kecil. Soekarno mengatakan, "Sarinah mendidik mengerti, bahwa, segala sesuatu di negeri ini tergantung daripada rakyat jelata". Untuk itulah Soekarno membangun pusat perbelanjaan Sarinah.

Kini, Sarinah serupa dengan pusat perbelanjaan modern lainnya dengan konsep square yang menjadi kawasan mewah bagi rakyat jelata. Entah apa yang akan dikatakan Soekarno jika ia melihatnya kini.
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment