Breaking!
Loading...

Pasukan-pasukan (Clan Castle) yang Cocok Menjaga Pertahanan

loading...
Assalamualaikum, kamu sering k.o ketika diserang musuh? Ya, mungkin jawaban lumrahnya karena yang menyerang basemu berada satu tingkat dai atas kamu. Tapi tahukah kamu? Jika pemilihan troops yang tepat dalam bertahan juga mampu menghindari base kamu hancur-lebur alias rata dengan tanah. Meskipun kamu tetap kalah setidaknya pasukan bertahan yang kita punya di cc sedikit mencegah terkuras habisnya loot milik kita. Berbicara mengenai cc atau clan castle, saran terbaik adalah menempatkan cc di tengah base dengan tujuan pasukan bertahan tidak mudah terpancing keluar, itu adalah pengetahuan dasarnya. Namun, sekali lagi tingkat keberhasilan jebolnya base kamu sangat terpengaruh dari bentuk base, defense dan kemahiran si penyerang yang menyerang base kamu.

Menurut pengalaman saya sendiri, yang telah malang-melintang keberbagai clan - termasuk clan luar (khokho somboooong), banyak sekali yang geram ketika salah satu member clan meminta bantuan untuk pasukan bertahan tetapi yang diisikan malah pasukan menyerang. Sampai-sampai keluarlah itu bahasa-bahasa binatang karena saking kesalnya. Dari pengalaman ini saya mempelajari bahwa pemilihan troops yang tepat untuk bertahan juga sedikit banyak mencegah base kita terserang sampai rata. Lantas apa saja troops alias pasukan yang cocok digunakan untuk bertahan? Sebelum membahas pasukan-pasukan apa saja yang bisa kita terapkan pada pertahanan, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu hitpoint dan damage persecond Apa Itu Hitpoint dan Damage Persecond?

Saya anggap kamu sudah mengerti apa itu hitpoint dan damage persecond, sekarang mari simak pasukan-pasukan yang cocok untuk defense versi Anti Mainstream, cekidot!
 

ket: 
HS      = Housing Space
DPS    = Damage per Second
DpHS = Damage per Second per Housing Space
HP      = Hit Points
HPpHS = Hit Points per Housing Space
Catatan: Semua troops diatas sudah berada dalam kondisi atau level maksimal. Troops yang berlevel di bawah maksimal, tentu belum memenehui kriteria keefektifan untuk pasukan bertahan.

Perlu diingat bahwa saya telah mempelajari ini lewat pengalaman, jadi bisa saja kita berbeda pendapat. Kalian bisa menambahkan keterangan pasukan lain di sini.

Barbarian  
Kelebihan: mereka dapat mengalihkan perhatian pasukan lawan selama beberapa detik, hal ini memungkinkan bangunan pertahanan menembakan beberapa tembakan.
Kekurangan: Mereka sangat lambat dalam bergerak. Bagi saya mereka tidak cocok untuk pertahanan.
Tapi jika ingin menggunakan pasukan ini saya sarankan untuk mengkombinasikannya dengan wizard, witch atau naga. Barbarian akan menjadi tameng sementara atau pengalihan untuk pasukan lain (wizard, witch atau naga)
Archer
Keuntungan: Mereka bergerak dengan cepat dan menyerang pasukan udara maupun darat. Tidak seperti barbarian, archer dapat dengan cepat  berbalik arah dan menembak.
Kekurangan: Hitpoint dan damage persecond yang kecil, mereka sering bersembunyi di balik dinding itu menyebabkan pasukan lain tidak menyerang bangunan melainkan dinding, setelah dinding hancur pasukan lawan dengan sangat mudah merangsek masuk ke dalam base. Cocok untuk cc asal dikombinasikan dengan wizard atau naga.
Goblin
Kelebihan: mereka sangat cepat.
Kekurangan: mereka memang pasukan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan yang lainnya, tapi hitpoint mereka yang kecil menjadikan mereka mudah mati. Kamu pasti setuju jika goblin tidak  cocok untuk pertahanan.
Minion
Kelebihan: mereka bisa terbang, itu membuat pasukan darat lawan tidak bisa menyerang mereka. Mereka lincah seperti archer, juga menyerang pasukan atas dan bawah.
Kekurangan: 1 minion dihitung 2 space, membuat jumlah troops di cc berkurang. Cocok untuk clan castle. Terlebih cc berkapasitas 25-35.
Wallbraker
Kelebihan: serangan mereka bertipe splash atau mengeluarkan percikan.
Kekurangan: membunuh diri sendiri, serangannya meski bertipe splash namun lemah. Apakah saya ingin mereka di cc saya? NO! NEVER! NO WAY! Haha. Mereka tidak cocok berada di cc saat bertahan.
Giant
Kelebihan: mereka besar dan kuat, dibutuhkan 2 spell petir untuk membunuh mereka, lebih mirip dengan barbarian mereka senang menjadi pengalih perhatian, namun giant sedikit lebih efektif.
Kekurangan: ya, mereka lebih lambat dari barbarian. Tidak cocok untuk defense.
Ballon
Kelebihan: mereka memiliki hitpoint dan damage persecond dalam jumlah besar.
Kekurangan: mereka terlalu lambat dalam bergerak maupun menurunkan bom, bisa jadi sebelum menjatuhkan bomnya, ballon sudah jatuh tertembak archer atau wizard. Mereka lambat, saya rasa tidak cocok untuk area defense.
Wizard
Kelebihan: mereka mempunyai damage persecond yang besar, serangannya bertipe splash yang mampu menghancurkan beberapa pasukan sekaligus. Mereka pasukan terbaik yang bisa dipakai untuk melawan pasukan manapun.
Kekurangan: mereka lambat dan memiliki hitpoint yang rendah, selain itu mereka menghabiskan banyak tempat (4 space) pada cc. Cocok untuk ditaruh di cc saat bertahan.
Hog Rider
Kelebihan: mereka seperti giant suka menjadi tameng, mereka sedikit lebih cepat dibanding barbarian atau giant.
Kekurangan: tidak bisa menyerang pasukan udara, termaasuk kategori lambat dalam pergerakan. Cocok untuk pasukan bertahan? Masih banyak pilihan yang lebih baik saya rasa.
Valkyrie
Kelebihan: damage persecond tinggi, mereka juga cukup cepat dan serangannya bertipe splash. Menurut saya mereka adalah kombinasi dari barbarian, giant dan wizard.
Kekurangan: memakan banyak tempat (8 space). Cocok untuk cc berkapasitas 25-35.
Witch
Kelebihan: serangan witch bertipe splash, kerennya witch dapat membangkitkan beberapa tengkorak atau mayat hidup yang bertugas membentengi witch itu sendiri, ataupun untuk menyerang pasukan lawan. Asal witch belum mati, tengkorak hidup akan terus bermunculan.
Kekurangan: sangat boros tempat (12 space) hitpoint dan damage persecond yang rendah. Cocok untuk cc saat bertahan (cc berkapasitas 25-35)
Healer
Kelebihan: mereka bisa menjadi penambah darah pasukan lain atau bangunan yang diserang. Mereka juga bisa terbang sehingga tidak terserang pasukan darat kecuali wizard dan archer.
Kekurangan: memakan banyak tempat (14 space), selain itu daya penyembuhan atau penambahan darah juga tidak terlalu signifikan. Tidak cocok untuk pasukan bertahan.
Dragon/naga
Kelebihan: hitpoint dan damage persecond yang besar, serangannya pun bertipe splash. Sulit dijangkau pasukan darat kecuali archer dan wizard.
Kekurangan: mereka lambat, membutuhkan banyak tempat (20 space), mudah terpancing keluar. Mungkin cocok di cc tergantung strategi.
Pekka
kelebihan: damage persecond dan hitpoint yang besar - paling besar diantara yang lainnya (kecuali barking dan archer queen max)
Kekurangan; mereka bergerak lambat dan sangat memakan tempat (25 space). Tidak cocok untuk bertahan.
Golem
Kelebihan: mempunyai hitpoint terbesar diantara yang lainnya, menjadi pengalih perhatian pasukan lawan sehingga bangunan pertahanan dapat menembakan beberapa tembakan ke arah pasukan musuh yang menyerang. Setelah mati golem akan terpecah menjadi 2 golem berukuran kecil.
Kekurangan: sangat lambat dan membutuhkan cc berkapasitas maksimal. Cocok untuk defense asalkan cc-nya cukup untuk menampung.

Mari kita intip isi cc top player.

Ini adalah hasil poling yang dilakukan teman satu clan saya yang saya dapatkan ketika masih menetap di clan luar

Bagaimana? Sobat, panjangkan tulisannya. Saya juga cape ngetiknya huhuhu. Donate atau berbagi pasukan adalah nilai plus dari game ini, untuk saling membantu sesama clasher. Jadi kamu jangan marah-marah dulu ya kalau temanmu memasukan goblin atau wb ke dalam cc-mu, bisa jadi mereka tidak tahu atau tidak sengaja kepencet, intinya rajin-rajinlah memberi pasukan pada teman satu clanmu karena itu juga membantu level id coc-mu meningkat. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalam.

Baca juga Gems Gratis Clash of Clans
loading...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment